Dalam 3 Hari, Kasus Covid-19 di Parepare Bertambah

Kasus Covid-19 Bertambah di Kota Parepare

Terkini.id, Parepare – Konfirmasi data Penangnan Covid-19 Kota Parepare, mencatat data pada Minggu, 12 Juli 2020, bertambah 1 kasus positif di Parepare, yakni seorang ibu rumah tangga (IRT) beralamat di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat.

IRT berinisial Rt kini dirawat di RS Sumantri Parepare. Namun karena dia positif berdasarkan hasil swab test, suami dan 3 anaknya yang tinggal dalam 1 rumah juga akan diswab test.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Parepare, Halwatia mengatakan, Rt sempat berobat ke Puskesmas Lumpue, pekan lalu, setelah itu masuk RS Sumantri. Di RS Sumantri, karena gejalanya mirip Covid-19, Rt lalu di-swab test, dan hasilnya positif.

“Riwayatnya dia sempat terima tamu dari Sidrap waktu tanggal 27 (Juni 2020) dan tamunya sempat menginap satu malam di rumahnya,” ungkap Halwatia.

Halwati mengemukakan, sehari-harinya Rt selain sebagai IRT juga mengajar mengaji. Namun selama pandemi Covid-19, dia tidak pernah lagi mengajar mengaji.

Menarik untuk Anda:

Rencananya, kata Halwatia, suami dan 3 anak Rt akan diswab test pada Senin, 13 Juli 2020.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala UPTD Puskesmas Lumpue, Irnawaty membenarkan, Rt sempat berobat jalan di Puskesmas Lumpue pada 4 Juli 2020.

“Berobat jalan. Tapi karena kondisinya kurang bagus, jadi sempat diobservasi di UGD. Diagnosa awal dispepsia atau sakit ulu hati, dan diobservasi di UGD karena kondisi lemah,” terang Irna, sapaannya.

Irna juga mengungkapkan, tenaga medis yang menangani Rt sudah melakulan isolasi mandiri untuk perbaiki sistem imun tubuh, karena saat menangani Rt mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) dan memperhatikan protokol kesehatan.

Sementara ruang UGD Puskesmas Lumpue ditutup selama 24 jam untuk dilakukan sterilisasi.

“Tadi kita tutup untuk disterilisasi. Besok siang pukul 12, rencana baru dibuka kembali,” beber Irna.

Perkembangan lain terkait Covid-19 di Parepare, per 12 Juli 2020, bertambah 1 pasien yang positif dinyatakan sembuh dan pulang ke rumahnya.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Parepare, Halwatia mengatakan, pasien sembuh ini dari klaster akikah, laki-laki atas nama Iw.

“Iw ini mengikuti program wisata Covid-19 di Makassar, dan tadi sudah dinyatakan sembuh sehingga bisa pulang,” ujar Halwatia yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare.

Dengan demikian, data per 12 Juli 2020, warga Parepare terkonfirmasi positif secara keseluruhan berjumlah 76 orang.

Dari 76 orang itu, 45 dinyatakan sembuh, sisa 5 orang dirawat di RSUD Andi Makkasau, 1 di RS Sumantri, 2 dirujuk ke RS Dadi Makassar, dan 23 mengikuti wisata Covid-19 di Makassar.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) warga Parepare terdata 107 orang, namun 101 sudah sehat dan pulang, tersisa 6 orang dirawat di RSUD Andi Makkasau.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Musda Konsolidatif Ajang Aktualisasi Kader Terbaik Golkar

Dua Destinasi Wisata Kota Parepare Lolos API Award 2020

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar