Danny Pomanto Dapat Penghargaan Tokoh Nasional Peduli Kesehatan

Danny Pomanto
Mohammad Ramdhan Pomanto

Terkini.id, Makassar – Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto akan dinobatkan sebagai tokoh nasional yang berdedikasi untuk dunia kesehatan.

Penghargaan datang dari Forum Ikatan Alumni Kedokteran Seluruh Indonesia bersama Dompet Dhuafa dan PTT Exploration and Production.

Danny Pomanto dijadwalkan mendapatkan penghargaan pada 28 Juni 2019 di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Jakarta.

Berdasarkan informasi yang diterima, penilaian penghargaan didasarkan pada dampak, komitmen, prestasi, keberlanjutan, dan penggerak yang ada dalam diri tokoh nasional yang dipilih.

Diketahui, saat menjabat Wali Kota Makassar, Danny memang memberi perhatian khusus pada peningkatan layanan masyarakat, salah satunya kesehatan.

Banyak program inovatif yang telah dilahirkan ide Danny Pomanto. Untuk penanganan langsung bagi warga, ada Dottoro ta Home Care, Lansia Care, bahkan Animal Care juga ada. Semuanya bisa diakses melalui Call Center 112, layanan tidak dipungut biaya alias gratis.

Tidak hanya itu, berbicara tentang keberlanjutan kualitas kesehatan, Danny Pomanto juga telah mendesain penataan lingkungan, utamanya lorong-lorong.

Banyak program yang difokuskan untuk penataan lorong, misalnya Lorong Sehat. Melalui program ini, seluruh indikator perilaku hidup bersih dan sehat warga yang bermukim harus terpenuhi. Di bawah pengawasan masing-masing Puskesmas yang ada di wilayah kerjanya.

Lorong Garden dan Badan Usaha Lorong, lewat program ini lorong ditata oleh masyarakat secara swadaya agar lebih bersih dan rapi. Serta dipenuhi aneka tanaman hijau. Selain mempercantik juga menjadi paru-paru tambahan wilayah perkotaan.

Tanaman yang dibudidayakan oleh warga ini juga dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan tambahan pangan keluarga berupa sayur-sayuran dan tanaman pangan lainnya. Di mana mendukung pemenuhan makanan bergizi, berimbang, sehat dan aman bagi keluarga.

Danny Pomanto semasa menjabat juga menjadi motor penggerak organisasi Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi Indonesia (AKKOPSI). Organisasi yang terdiri dari puluhan Pemerintah Kota dan Kabupaten se-Indonesia yang mendorong perbaikan kualitas sanitasi di daerah.

Danny Pomanto mengatakan bahwa kualitas kesehatan warga dipengaruhi oleh kualitas sanitasi lingkungannya. Persoalan sanitasi diantaranya mencakup akses air bersih, drainase, dan jamban yang layak.

Menurut Danny Pomanto, dengan pengelolaan sanitasi yang layak ditunjang infrastruktur yang memadai, mampu membantu penanganan masalah seperti banjir, demam berdarah dan stunting pada anak.

Warga Makassar juga tidak lupa dengan desain pengelolaan sampah. Banyak perangkat yang disiapkan Danny untuk persoalan yang mengancam kesehatan ini. Untuk angkutan dan transfer sampah ada fukuda dan Tangkasa ki.

Untuk mendukung pengurangan sampah, Danny Pomanto telah membentuk UPTD Bank Sampah, yang siap membeli sampah yang dapat dipakai kembali ataupun didaur ulang dari ribuan Bank Sampah Unit yang tersebar di Makassar.

Apa yang telah diwariskan Danny Pomanto kepada warga Makassar, kini masih berlanjut.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

Akreditasi Program Studi PG-PAUD UIM Meningkat

Terkini.id, Makassar - Universitas Islam Makassar (UIM) patut berbangga, salah satu program studi yang dibinanya kembali memperoleh akreditasi B.Program Studi jenjang Strata 1 Pendidikan