Dapat 7.000 Dosis, Vaksinasi PMK di Kuningan Jawa Barat Sudah Dimulai

Terkini.id, Jakarta – Kabupaten Kuningan telah mendapatkan vaksin PMK sebanyak 7.000 dosis. Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ini mulai dilakukan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan Jawa Barat kepada ribuan sapi perah dan sapi potong.

Kabupaten Kuningan mendapat vaksin PMK sebanyak 7.000 dosis yang dibagi dalam beberapa bagian yaitu 2.000 dosis untuk sapi potong dan 5.000 dosis untuk sapi perah.

Proses penyuntikan vaksin telah dibagi menjadi 4 kelompok yang dilakukan oleh tim dokter hewan di masing-masing koperasi sapi perah.

Baca Juga: Senator Australia Singgung Kotoran Sapi Bertebaran di Bali, Sandiaga Uno:...

“Timnya kita bagi berdasarkan koperasi, ada empat koperasi sapi perah yang ada di Kabupaten Kuningan, untuk koperasi KSU kita satu tim, kemudian 3 koperasi yang lain menjadi tergabung dalam satu tim,” ujar Medik Veteriner Dinas Perikanan dan Peternakan Kuningan Rofiq dilansir dari Kompas TV pada Minggu 26 Juni 2022.

Untuk tiga koperasi yang lain tersebut dikoordinator oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan).

Baca Juga: Abdul Hayat Pimpin Rakor Soal PMK Bersama Kabupaten Kota se-Sulsel

Sedangkan untuk koperasi sapi perah KSU dikoordinator oleh dokter Indah.

“Yang 3 koperasi yang lainnya itu dikoordinator oleh UPTD Puskeswan, kemudian yang koperasi sapi perah KSU itu koordinatornya adalah dokter Indah,” imbuh Rofiq.

Salah satu wilayah yang menjadi sasaran vaksinasi adalah di Desa Palutungan, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Baca Juga: Abdul Hayat Pimpin Rakor Soal PMK Bersama Kabupaten Kota se-Sulsel

Rofiq mengatakan bahwa untuk Kuningan sendiri telah kedatangan 7.200 dosis vaksin PMK.

Vaksinasi ini telah diprioritaskan kepada sapi perah, sapi akseptor, sapi pembibitan, dan sapi unggulan.

Bagikan