Masuk

Upaya Pencegahan PMK di Jawa Barat Jelang Idul Adha, Ridwan Kamil: Tenang Yah Warga Jabar

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melakukan berbagai upaya untuk mencegah adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) jelang Hari Raya Idul Adha di Jawa Barat.

Dalam akun Twitter pribadinya pria yang kerap disapa Kang Emil ini mengupayakan agar tradisi pemotongan hewan ternak berjalan dengan lancar dan aman.

“Warga Jawa Barat, Insya Allah pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tahun ini akan berlangsung aman dan nyaman,” cuit Ridwan Kamil dalam akun media sosial Twitter pribadinya @ridwankamil, Jumat 10 Juni 2022.

Baca Juga: Puluhan Mahasiswa Polbangtan Kementan Lakukan Vaksinasi Ternak Cegah PMK di Bone

Ridwan Kamil menuturkan bahwa pemerintah Jawa Barat telah menangani wabah PMK ini dengan komprehensif.

“800 ribuan ekor Hewan Kurban yang SEHAT secara hukum dan syariat akan ditandai dengan SERTIFIKAT sehat berbentuk keeping kuning yang dipasang di telinga hewan kurban,” ujarnya.

Warga Jawa Barat diharapkan bisa menerapkan ketentuan tersebut. Disamping itu, program vaksinasi bagi hewan kurban yang sakit juga telah dilakukan.

Cuitan Ridwan Kamil. (@ridwankamil)
Baca Juga: Waduh Label Gereja Pemberi Bantuan Kok Dicabut, Ridwan Kamil: Sangat Disesalkan

“Selanjutnya program vaksinasi dan obat bagi hewan yang sakit terus dilakukan. Termasuk gugus tugas penanganan di level kecamatan,” lanjut mantan Walikota Bandung tersebut.

Ridwan Kamil meminta dan menghimbau kepada masyarakat Jawa Barat untuk tidak terlalu panik dengan adanya wabah PMK ini.

Ridwan Kamil juga memohon kepada penjual hewan kurban untuk bisa memastikan ternak yang dijualnya dalam keadaan shat dengan cara memerikasakn ke Dinas Peternakan yang ada di masing-masing wilayah kota kabupaten.

“Jadi kepada penjual ternak harus memastikan ternak yang dijualnya sehat ke Dinas Peternakan masing-masing di wilayah kota kabupaten untuk mendapatkan keeping tanda sehat,” lanjutnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Geram dengan Aksi Intoleran di Pengungsian Cianjur: Pancasilanya Dangkal

Ketersediaan hewan ternak yang disiapkan untuk hari raya Idul Adha dipastikan aman terkendali menurut ayahanda dari Emmeril Kahn Mumtadz ini.

“Tenang yah warga Jabar, Insya Allah aman terkendali. Insya Allah aman. Hatur Nuhun,” tutupnya.