Dari Kalsel, Presiden Jokowi Berangkat Menuju Sulbar

Terkini.id, Sulbar – Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah mengunjungi korban banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel), berbalik ke Sulawesi Barat untuk meninjau penanganan gempa Mamuju-Majene, Selasa 19Januari 2021.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi bersama rombongan dengan terbatas dan tetap mengikuti disiplin protokol kesehatan secara ketat, dengan tetap memakai masker dan jaga jarak.

Rombongan Presiden Jokowi ke Sulawesi Barat (Sulbar) dari Kalsel menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdana Kusuma dekira pukul 07.35 WIB.

Baca Juga: Jokowi Dinilai Abaikan Saran dan Masukan, Rizal Ramli: Indonesia dalam...

Jokowi bersama rombongan akan meninjau posko pengungsi dan rumah masyarakat yang rusak, serta sarana prasarana umum di Kecamatan Malunda Kabupaten Majene serta Mamuju.

Sekadar diketahui, Jokowi kembali mengingatkan bahwa Indonesia berada di kawasan cincin api sehingga potensi gempa dan tsunami selalu ada di Indonesia.

Baca Juga: Kembali Sindir Jokowi, Rizal Ramli: Ganti Presiden Baru Covid Anjlok

Sejarah pernah mencatat gempa juga terjadi di beberapa wilayah Indonesia, seperti Aceh, Padang, Bengkulu, Lampung, Banten, Yogyakarta, hingga beberapa tahun terakhir di Nusa Tenggara Barat, Palu dan Donggala, serta Maluku.

Dalam peninjauan kunjungan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

“Kita memang tidak ingin, dan selalu memohon kepada Allah SWT agar kita selalu dihindarkan dari yang namanya gempa, banjir dan tsunami. Tetapi kalau memang Allah sudah berkehendak yah kita harus menerima dan siap,” kata Jokowi, seperti dikutip dari keterangan tertulis yang dirilis oleh Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Pengamat: Hanya Orang Mabok dan Ngawur yang Ingin Presiden 3...

Citizen Reporter : Gidion Pasande

Bagikan