Denny Siregar: Sri Lanka Pusing Gak Punya MUI yang Semua Diurusin Termasuk Negara Orang

Terkini.id, Jakarta – Pegiat media sosial, Denny Siregar mengomentari soal Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang memprotes Pemerintah Sri Lanka terkait aturan tentang kremasi seluruh jenazah pasien Covid-19, termasuk warga Muslim di negara itu.

Lewat cuitannya di Twitter, Sabtu 16 Januari 2021, Denny Siregar menilai protes dari MUI tersebut membuat pusing pemerintah Sri Lanka.

Ia pun mengatakan bahwa MUI tak hanya mengurusi segala urusan di Indonesia melainkan juga urusan negara lain.

Baca Juga: Denny Siregar ke Hehamahua: Firaun Suka Jualan Mayat, Kayak Anda

“Pusing pusing kan lu, Srilangka. Kelen sih gak punya MUI kayak kami, yang semua diurusin termasuk urusan negara orang lain,” cuit Denny Siregar.

Pada cuitannya itu, Denny Siregar juga membagikan link artikel pemberitaan berjudul “MUI Protes ke Pemerintah Sri Lanka, Kremasi Warga Muslim Langgar HAM” yang dimuat situs Voi.id pada Jumat 15 Januari 2021.

Baca Juga: Sindir Abdullah Hehamahua, Denny Siregar: Firaun itu yang Suka Jualan...

Dalam isi artikel pemberitaan itu disebutkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menyampaikan protes kepada Pemerintah Sri Lanka yang mengeluarkan peraturan tentang kremasi seluruh jenazah korban Covid-19, termasuk warga muslim di negara itu.

MUI menganggap peraturan itu tidak mengindahkan hak asasi manusia (HAM) kelompok agama minoritas, termasuk kelompok muslim. Demikian pernyataan MUI dilansir Antara, Jumat 15 Januari.

Meski setiap negara termasuk Sri Lanka mempunyai hak membuat peraturan termasuk tentang pengurusan jenazah korban wabah Covid-19, namun menurut MUI peraturan tersebut harus tetap menghormati hak kelompok agama, termasuk kelompok Muslim.

Baca Juga: MUI Tanggapi Video Salat Tarawih Super Cepat: Santai, Nanti Gak...

Oleh karenanya, MUI mendesak Pemerintah Sri Lanka membatalkan peraturan itu dan menggantinya dengan peraturan yang menghormati hak kelompok minoritas, termasuk Muslim.

Selain itu, MUI juga mendesak Pemerintah Sri Lanka agar melakukan konsultasi dengan kelompok agama minoritas, termasuk Muslim.

Dalam isi artikel pemberitaan yang dibagikan Denny Siregar tersebut juga disebutkan bahwa MUI meminta Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri untuk melanjutkan protes MUI yang mewakili kepentingan umat Islam seluruh Indonesia kepada Pemerintah Sri Lanka.

Pemerintah Sri Lanka sendiri bersikeras akan mengkremasi semua korban meninggal dunia karena pandemi Covid-19 di negaranya.

Sponsored by adnow
Bagikan