Desa Timusu Soppeng Jadi Pusat Penangkaran Bibit Variates Invari 32

Desa Timusu Soppeng
Desa Timusu Soppeng Jadi Pusat Penangkaran Bibit Variates Invari 32

Terkini.id, Soppeng – Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak menghadiri penanaman perdana Bibit Varietas Invari di Desa Timusu Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng, Sabtu, 18 Mei 2019

Bibit Variates Invari 32 merupakan benih Varietas Unggul Baru (VUB) padi hasil seleksi Ciherang/IRBB64 oleh Balai Besar Penelitian Tanaman Padi.

Desa Timusu dijadikan pusat penangkaran benih varietas invari 32 yang  merupakan kerjasama Taiwan Internasional Coperation and Development Fund (ICDF) dengan Center Of Excellence Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Pihak ICDF dan Fakultas Pertanian Unhas telah melihat dan mempertimbangkan segi kelayakan akhirnya memilih Kelompok Tani Syukur sebagai lokasi pengembangan untuk kegiatan penangkaran benih unggul varietas Invari 32.

Bupati Soppeng apresiasi Fakultas Pertanian Unhas

Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak saat melihat langsung penanaman perdana ini, mengatakan sangat mengapresiasi pihak Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar yang telah memfasilitasi sehingga perogram tersebut berada di Kabupaten Soppeng.

“Program tersebut sangat membantu petani khususnya penyediaan bibit unggul,” ujarnya.

Lanjut Kaswadi bahwa selama ini yang salah satu menjadi problem di petani adalah soal ketersediaan bibit unggul yang kadang tidak tersedia pada saat petani mulai turun sawah.

“Kalau tidak dapat bibit berlabel terpaksa bibit yang tak ada jaminan yang dijadikan bibit sebar, dan tentu sangat berpengaruh pada kualitas dan hasil,” terangnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini