Desak Edy Mulyadi Ditangkap, Suku Dayak: Jika Tidak Kami Pakai Cara Adat Kami

Terkini.id, Jakarta – Sebuah potongan video yang memperlihatkan masyarakat Suku Dayak di Kalimantan mendesak aparat kepolisian untuk segera menangkap Edy Mulyadi, viral di media sosial.

Video masyarakat Suku Dayak mendesak polisi segera menangkap Edy Mulyadi itu viral usai diunggah pengguna Twitter Tukangrosok_, seperti dilihat pada Senin 24 Januari 2022.

Dalam narasi cuitannya, netizen itu meneruskan desakan warga Suku Dayak itu kepada Polri dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Baca Juga: Edy Mulyadi Terseret Kasus Ujaran Kebencian, Polisi: Penyelidikan Proses Tahap...

“Cc Bpk ListyoSigitP DivHumas_Polri, somasi dari warga Dayak. Jika 1×24 jam Edy Mulyadi tidak segera di tangkap, maka warga Dayak akan memakai cara mereka sendiri. Hukum adat yang berbicara,” cuit netizen Tukangrosok_.

Dilihat dari video itu, tampak awalnya seorang pria berasal dari suku di Kalimantan Barat mengutuk keras pernyataan Edy Mulyadi saat berbicara soal pemindahan ibu kota yang dinilai telah menghina masyarakat Kalimantan.

Baca Juga: Haikal Hassan, Alfian Tanjung dan Edy Mulyadi: Kami Akan Lakukan...

“Saya Jaebarenyah dari Kalimantan Barat mengutuk keras ungkapan penistaan dari Edy Mulyadi dan kawan-kawan,” ujar pria yang mengenakan pakaian suku di Kalimantan Barat itu.

Cuplikan selanjutnya, tampak salah seorang dari tokoh adat Suku Dayak meminta kepada Polri agar segera menangkap Edy Mulyadi.

“Meminta Mabes Polri supaya menangkap Edy Mulyadi untuk diproses sesuai hukum yang berlaku,” kata tokoh adat Suku Dayak itu.

Baca Juga: Haikal Hassan, Alfian Tanjung dan Edy Mulyadi: Kami Akan Lakukan...

Ia pun menyebut, apabila Edy Mulyadi tak segera ditangkap maka pihaknya akan menempuh cara adat sesuai budaya Suku Dayak.

“Apabila dalam 1×24 jam tidak disikapi maka kami akan mengambil sikap tegas terhadap Edy Mulyadi sesuai dengan tata cara, budaya, dan adat kami,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan sejumlah warga Suku Dayak. Mereka mendesak agar Edy Mulyadi segera ditangkap karena ucapan wartawan senior itu sudah mengandung unsur rasis dan menyinggung perasaan masyarakat Kalimantan.

“Supaya menindak tegas karena hal tersebut bersifat rasis dan menyinggung hati kami warga Kalimantan,” tegasnya.

Bagikan