Digadang-gadang Ramaikan Pilkada 2020, Murniaty Makking Tawarkan Isu Perempuan

Wakil Ketua DPRD Bulukumba, Hj Andi Murniaty Makking

Terkini.id,Bulukumba – Meski Pilkada Bulukumba masih lama yakni tahun 2020, namun sudah ada sejumlah tokoh yang digadang-gadang untuk berlaga pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Salah satunya adalah Anggota DPRD Bulukumba dua periode, Hj Andi Murniaty Makking saat ini ramai dibincangkan untuk maju dalam Pilkada Bulukumba 2020.

Diketahui secara kuantitas Jumlah perempuan tidak kalah banyak dengan kaum pria. Namun jika melihat realitas kehidupan di masyarakat Bulukumba, masih banyak kaum perempuan yang mesti diberdayakan, baik secara ekonomi, sosial politik dan juga dalam segmen kehidupan lainnya.

Saat dikonfirmasi, anggota DPRD Bulukumba fraksi Partai Demokrat ini mengaku  jika diberi amanah menjadi Bupati atau Wakil Bupati maka pemberdayaan perempuan menjadi salah satu program prioritas yang akan diperjuangkannya. Menurutnya,  Untuk memberdayakan kaum perempuan memang dibutuhkan komitmen untuk mendorong kesetaraan.

“Butuh kebijakan yang sifatnya afirmatif dalam mendorong keterberdayaan perempuan,” kata Wakil Ketua DPRD Bulukumba ini.

Ia mencontohkan keberadaan perempuan yang berdomisili di wilayah pesisir, kadang mereka nampak menjadi warga passif menunggu suaminya yang pergi melaut. Mestinya waktu senggan tersebut mereka melakukan aktifitas yang lebih produktif sambil menunggu suaminya pulang dari melaut.

Hal seperti ini yang perlu direspon melalui strategi intervensi kebijakan pemerintah untuk merancang program yang bisa membuat perempuan lebih berdaya dan lebih produktif lewat perkenalan program Home Industry (industri rumahtangga).

“Perempuan akan lebih berdaya jika ia disentuh dengan program dan kegiatan yang tepat,” tegas wanita kelahiran Kajang Bulukumba ini.

Kedepan, kata dia jika dipercaya menjadi pemimpin di Butta Panrita Kopi, lagi-lagi kesetaraan perempuan melalui program pemberdayaan perempuan menjadi skala prioritasnya untuk diperjuangkan, “banyak program yang bisa dilakukan untuk mendorong perempuan semakin berdaya”, harap Murniaty.

Berita Terkait
Komentar
Terkini