Dinas Koperasi Sulsel Dorong UMKM Berdaya Saing Melalui Bimtek

Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan menggelar Bimtek

Terkini.id,Makassar – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan memilik target untuk mendukung UMKM bisa naik kelas dan dan berdaya saing.

Salah satu cara untuk mencapainya yakni dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peningkatan (Bimtek) Daya Saing Produk dan Legalitas Usaha.

Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan menggelar Bimtek 

Adapun kegiatan bimbingan teknis tersebut berlangsung selama sehari penuh di Hotel Denpasar Makassar, 2 Juli 2019. Pesertanya sendiri berjumlah sekitar 140 pelaku UMKM dari beberapa Kabupaten Kota di Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang UKM Sulawesi Selatan, And Azis Bennu mengatakan bahwa para pelaku UMKM yang ikut itu sebagian besar bergerak di sektor usaha makan minum dan kuliner.

“Jadi mereka mengikuti pemberkasan legalitas PIRT, merk dan sertifikasi halal. Makanya kami menghadirkan langsung narasumbernya baik untuk PIRT dari Dinas Kesehatan Kota Makassar, khusus Merk dari Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulsel serta sertifikasi Halal dengan dari LP POM MUI Sulsel,” urainya.

Azis menambahkan bahwa UMKM yang difasilitasi selama dua tahun terakhir ini dan bersumber dari APBD Provinsi Sulawesi Selatan  adalah sebanyak 68 UMKM.

“Untuk sertifikasi halal dengan jenis produk kurang lebih 150 produk dan sebanyak 25 UMKM yang difasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI sejak 2017 sd 2018 lalu,” sambungnya.

Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Sulawesi Selatan menggelar Bimtek

Bimbinan Teknis ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, H Abd Malik Faisal. Menurut Faisal UMKM bisa naik kelas dan tetap berdaya saing sehingga mampu mengakses kesempatan dan potensi pasar yang terbuka lebar bagi UMKM yg memiliki produk berlualitas.

“Bagi UMKM yang telah memiliki legalitas dan sertifikasi harus lebih bersemangat dan menjaga kontinyutas produksi untuk memenuhi permintaan pasar,” terangnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini