Disdukcapil: Suket Bisa Menggantikan KTP untuk Daftar CPNS 2019

Terkini.id, Makassar – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Aryati Puspasari Abadi mengatakan, masyarakat yang hendak mendaftar CPNS 2019 namun tak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk tak risau.

Bila merujuk pada seleksi CPNS 2018, ada beberapa dokumen utama yang mesti disiapkan. berikut daftarnya:

Kartu Keluarga (KK)
Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Ijazah
Transkrip nilai
Pas foto
Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Aryati mengatakan KTP tak akan diprioritaskan bagi para pendaftar CPNS 2019 ini lantaran pihaknya kekurangan blangko.

Ia pun menyarankan untuk menggunakan Surat Keterangan (Suket) sebagai pengganti KTP

Ia mengatakan, kekuatan hukum Suket sama dengan KTP lantaran memiliki barcode yang bisa dipindai yang menunjukkan data diri pemegang Suket.

“Lihat mi itu di Suket, ada barcodenya. Itu bisa di-scan, menampilkan data diri kependudukannya di Makassar. Sama dengan KTP yang bisa di scan juga. Suket juga diakui di undang-undang,” kata Puspa, Rabu, 23 Oktober 2019.

Puspa menganalogikan bahwa pendaftaran CPNS dan pengurusan KTP berada dibawa lembaga yang sama bernama negara. Ia pun menyimpukan bila persyaratan KTP untuk CPNS 2019 bukan menjadi sebuah kendala berarti.

“CPNS itu kan negara yang menyelenggarakan, KTP juga negara yang keluarkan. Jadi solusinya pakai Suket saja, tidak ada masalah. Sedangkan BPJS dan imigrasi pun menerima ini Suket,” tambahnya.

Diketahui blanko sendiri telah tidak didistribusikan ke Disdukcapil Kota Makassar sejak Oktober ini. Maka sisa blanko yang tersedia hanya tinggal diperuntukkan bagi keperluan prioritas dan saja.

Puspa mengatakan, KTP hanya dikeluarkan dengan cepat saat memenuhi keperluan prioritas seperti saat perjalanan ke luar negeri. Ia beralasan di luar negeri tidak berlaku suket, yang dilihat hanya KTP.

“Praktis blanko yang ada di kami sudah sangat terbatas, dan hanya untuk kebutuhan yang mendesak dan prioritas. Contohnya orang-orang yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Karena di luar negeri kan tidak kenal suket,” jelas Puspa.

Berita Terkait
Komentar
Terkini