Dituding Sebar Berita Bohong Soal PBB, Petinggi Sunda Empire Dilapor ke Polisi

Sunda Empire
Petinggi Sunda Empire, Rangga. (Foto: Facebook)

Terkini.id, Jakarta – Petinggi Sunda Empire, Ki Ageng Rangga Sasana, dilaporkan ke polisi oleh mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga Roy Suryo atas dugaan penyebaran berita bohong dan pencemaran nama baik.

Laporan dari Roy Suryo terhadap Rangga telah terdaftar di Polda Metro Jaya pada Jumat, 24 Januari 2020.

Laporan tersebut dilayangkan Roy Suryo lantaran dirinya merasa kecewa saat Rangga menyebut Roy tak mengerti sejarah.

Hal itu diungkapkan Rangga saat keduanya diundang sebagai bintang tamu dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di sebuah stasiun TV swasta.

Ketika itu, keduanya membahas tentang sejarah pendirian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara). Rangga mengatakan bahwa PBB dan NATO berdiri di Bandung, Jawa Barat.

Menarik untuk Anda:

“Yang bersangkutan malah mengatakan secara langsung kalau saya salah, tidak mengerti sejarah. Dia menuduh saya enggak mengerti sejarah,” kata Roy di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, seperti dilansir dari Kompas, Jumat, 24 Januari 2020.

Selain masalah tersebut, Roy Suryo juga melaporkan Rangga atas dugaan penyebaran informasi bohong karena diduga mengubah informasi di Wikipedia.

Diketahui, di situs Wikipedia ditulis bahwa PBB dididirikan di daerah Lembang, Bandung. Hal itu sesuai dengan yang disebutkan Rangga.

Namun, Roy Suryo menduga ada seseorang yang mengubah informasi di Wikipedia. Pasalnya, berdasarkan penelusuran Roy, sebuah akun anonim diketahui telah menyunting keterangan sejarah PBB di Wikipedia.

“IP anonim itu merujuk ke Sunda Empire. Dia secara kasar dan tidak ilmiah telah mengubah sejarah melalui Wikipedia,” ujar Roy.

Diketahui, Sunda Empire telah membuat heboh publik Tanah Air usai sebuah rekaman video yang memperlihatkan kegiatan Sunda Empire beredar di media sosial.

Dalam video itu, tampak sejumlah orang diduga pengikut Sunda Empire mengenakan atribut seperti seragam militer.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Dihadiri Gatot, Acara Tabur Bunga di TMP Kalibata Ricuh

Bukannya Marah, Cewek Ini Malah Duet Bareng Selingkuhan Cowoknya di TikTok

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar