Doni Monardo Ungkap Bagi-bagi Masker ke Petamburan Tak Berarti Mendukung Acara: Ini Langkah Terakhir

Satgas Covid-19
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo. (Foto: Satgas Covid-19)

Terkini.id, Jakarta – Langkah pemerintah khususnya Satgas Penanganan Covid-19 yang membagikan masker ke acara Habib Rizieq dan FPI di Petamburan, Jakarta, pada Sabtu 14 November 2020 menuai banyak protes.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo pun menegaskan bahwa pemberian masker dan hand sanitizer tersebut bukan merupakan suatu bentuk dukungan digelarnya kegiatan di Petamburan, Jakarta Barat, Sabtu 14 November 2020 malam.

Untuk diketahui, pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebelumnya menggelar pernikahan putrinya di kediamannya di Petamburan, Jakarta Barat. Kegiatan tersebut dihadiri ribuan orang. 

“Pemberian masker ini bukanlah merupakan bagian dari upaya mendukung acara,” ujar Doni lewat Konferensi Pers via virtual dari Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu 15 November 2020.

Lewat keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, pada Minggu, Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menjelaskan bahwa pemberian masker merupakan langkah terakhir setelah sebelumnya kegiatan di Petamburan dinilai tak dapat lagi dicegah.

Menarik untuk Anda:

Oleh sebab itu, lanjut Doni, langkah pemberian masker semata-mata untuk tetap memberikan perlindungan kepada masyarakat agar tak terpapar Covid-19.

“Sehingga, menurut dia, jalan terakhir adalah memberikan masker. Semata-mata adalah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat,” jelasnya.

Meski demikian, ia mengakui, Pemerintah Pusat juga telah mengimbau melalui Pemerintah Daerah DKI Jakarta untuk melarang aktivitas yang menimbulkan kerumunan.

Ia menambahkan, Satgas Penanganan Covid-19 sejak awal selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mulai dari Gubernur Anies Baswedan, Wakil Gubernur A Riza Patria hingga pejabat dinas terkait.

Satgas Penanganan Covid-19 memberikan sumbangan masker dan hand sanitizer untuk acara pernikahan putri Rizieq Shihab, Sharifa Najwa Shihab. Masker itu diantar ke kediaman Rizieq yang juga sekaligus lokasi acara pernikahan, di Jalan Petamburan III, Jakarta, Sabtu (14/11/2020) siang.

Namun, Doni mengakui bahwa apa yang telah dilakukan demi menegakkan perlindungan kepada masyarakat dari penularan Covid-19 sempat menuai pro dan kontra.

Sebabnya, ia meminta maaf kepada seluruh pihak dan berharap fungsi peran serta tujuan yang telah dilakukan dapat dipahami serta menjadi komitmen bersama dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tambah 3.842 Pasien, Kasus Kesembuhan Covid-19 Kini Capai 433.649 Orang

Update Covid-19: Kasus Positif Tambah 4.917 Pasien, Total 516.753

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar