dr Fadli Ananda: Layanan Kesehatan Harus Terintegrasi

Kandidat Calon Wali Kota Makassar, dr Fadli Ananda, M.Kes

Terkini.id,Makassar – Kandidat Calon Wali Kota Makassar, dr Fadli Ananda, M.Kes terobsesi membenahi sistem pelayanan kesehatan di kota Makassar jika kelak diberikan amanah menjadi wali kota. Salah satunya adalah perbaikan layanan dengan menggunakan konsep integrasi pada semua layanan kesehatan.

Menurut Fadli, setiap puskesmas, klinik, dan rumah sakit yang ada di Kota Makassar harus terintegrasi dengan menggunakan teknologi informatika.

“Jumlah dokter, tenaga medis, dan fasilitas ruang perawatan harus tersedia di sistem supaya warga tahu dan bisa mengaksesnya setiap saat,” kata Fadli Ananda di Makassar.

Lanjut Direktur RSIA Ananda Makassar itu mengatakan jika layanan kesehatan sudah terintegrasi seperti itu, tidak akan ada lagi warga yang sulit mengakses ruang perawatan di rumah sakit. Selama ini, kata dia sering terjadi miskomunikasi saat merujuk pasien dari satu rumah sakit ke rumah sakit lain.

“Sering ada pasien dirujuk dari rumah sakit A ke rumah sakit B, ternyata di rumah sakit B sudah tidak ada ruang perawatan yang kosong. Karena di rumak sakit B kosong, dirujuk lagi ke rumah sakit C. Kalau begini, bisa-bisa pasien meninggal di jalan hanya mencari ruang perawatan yang kosong,” urainya.

Masih kata dia, jika data layanan itu terintegrasi, tidak akan terlagi miskomunikasi dalam merujuk pasien.

“Idealnya, kata alumni Fakultas Kedokteran UMI Makassar itu data ketersediaan tempat tidur pasien harus terupdate sehingga rumah sakit yang dirujuk bisa langsung menangani pasien bersangkutan,” pungkasnya.

Selain integrasi layanan kesehatan, Fadli juga berjanji akan mengedepankan promotif preventif.

“Mengedepankan pencegahan dibanding pengobatan. Selain itu, pemerintah juga harus mendesain program yang memungkinkan pasien bisa melakukan medical check up secara berkala,” tutupnya.

Komentar

Rekomendasi

Ini Cara Menghindari Virus Corona ala Johns Hopkins University, Kampus yang Sudah Prediksi Covid-19 di RI

Berikut 7 Tips Menghindari Stres Saat Karantina di Rumah

Berikut 7 Tips Menghindari Stres Saat Karantina di Rumah di Tengah Wabah Corona

Hari Perempuan Sedunia, Bupati IDP: Momentum Strategis Menyuarakan Kesetaraan

Ini Makna Hari Perempuan Menurut Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid

Wawancara Khusus Bersama Plt Dirut Bank Sulselbar Irmayanti Sultan

Gambar Ini Menunjukkan Mengapa Cuci Tangan Harus 30 Menit

Wawancara Khusus dengan Ibu Indira Jusuf Ismail di Hari Perempuan Sedunia

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar