Nutrisi Sehat Ibu Hamil dari dr Fadli Ananda

Terkini.id, Makassar – Ibu hamil dituntut selalu memerhatikan kesehatan tubuhnya dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Tidak hanya bermanfaat untuk dirinya, tetapi juga bayi dalam kandungan. Oleh sebab itu, penting bagi seorang calon ibu harus mengetahui nutrisi sehat untuk ibu hamil.

Berikut ini nutrisi yang perlu diperhatian ibu hamil dari dr Fadli Ananda, Sp.OG, Direktur RSIA Ananda Makassar.

1. Bayam

Bayam menjadi sumber folat, zat besi, dan kalsium. Folat sendiri sangat penting selama kehamilan, karena dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi, seperti spina bifida.

2. Ikan

Ikan juga penting dikonsumsi selama hamil, terutama salmon dan tuna yang memiliki tingkat asam lemak omega-3 yang cukup tinggi.

3. Sereal

Mengonsumsi sereal saat sarapan menjadi makanan sehat untuk menjaga kehamilan.

4. Daging

Menarik untuk Anda:

Tak hanya ikan, daging juga memiliki kandungan zat besi yang lebih baik dibandingkan yang terdapat pada sayuran atau kacang-kacangan. Dengan meningkatkan kadar zat besi, ibu hamil akan terhindar dari masalah seperti anemia hingga pendarahan pasca melahirkan.

5. Telur

Ibu hamil sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi telur mentah. Namun, ketika dimakan dalam kondisi matang, telur menjadi makanan sehat dengan nutrisi yang baik, khususnya untuk janin.

6. Susu

Beragam olahan susu memiliki kadar kalsium yang cukup tinggi. Baik dari susu segar, keju, ataupun yoghurt, yang bisa Anda konsumsi selama hamil.

7. Ubi

Jika bosan dengan nasi, Anda bisa mengonsumsi ubi sebagai pilihan lainnya. Rasanya yang manis dan juga gurih ternyata kaya akan vitamin A yang dapat membangun sel-sel sehat pada janin.

8. Kacang-Kacangan

Jenis kacang-kacangan sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin, seperti menjaga kekebalan tubuh ibu saat hamil muda. Kacang hijau mengandung asam folat dan vitamin B yang baik dalam proses pengembangan saraf janin.

9. Kentang

Kandungan makanan sehat satu ini di antaranya adalah beta-karoten, vitamin B6, vitamin C, kalium, dan zat besi.

10. Aneka Buah

Yang paling segar dan bisa Anda jadikan kudapan di sore hari adalah buah-buahan.Buah baik dikonsumsi ibu hamil untuk menjaga kesehatan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Lakukan Langkah ini Agar Terhindar dari DBD di Masa Pandemi Covid-19

Tahukah Anda? Klaster Kencan, Pesta dan Klinik Gigi Tertinggi Tularkan Covid-19

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar