Eits, Tidur Jangan Ngasal karena Bisa Pengaruhi Kesehatan Loh!

Terkini.id, Jakarta – Eits, tidur jangan ngasal karena bisa pengaruhi kesehatan loh! Posisi tidur yang nyaman, memang menjadi pilihan masing-masing orang. Bebas kok tak ada yang ngelarang! Eits, tapi ingat terkadang saat orang sudah mengalami kelelahan yang luar biasa, maka mereka akan langsung tidur dan tak mempedulikan posisi tidurnya.

Memang sih, kelelahan beraktivitas seharian memang harus diimbangi dengan tidur yang berkualitas.

Ada beragam posisi tidur yang biasa dilakukan semua orang. Antara lain telentang, miring ke kiri atau ke kanan, dan tengkurap. Terlepas dari selera masing-masing orang, ternyata posisi tidur juga pengaruhi kesehatan. Intip faktanya, kuy!

Baca Juga: Geger Video Pasangan Gancet, Ternyata Ada Penjelasan Medis dan Ilmiahnya...

Dilansir dari Sleep Doctor, Minggu 11 Juli 2021, tidur dengan posisi miring ke kiri dapat mengurangi gejala asam lambung naik, terutama di malam hari. Nah, buat kamu penderita asam lambung kamu bisa mempraktikannya supaya asam lambung kamu tidak mudah kambuh.

Dikutip dari Medical News Today, bukan hanya tidur miring ke kiri yang punya manfaat, tapi tidur menghadap kanan juga punya manfaatnya sendiri. Tidur miring ke kanan dapat menurunkan aktivitas sistem saraf, sehingga detak jantung dan tekanan darah bisa menurun.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini 8 Manfaat Telur untuk Anak-anak loh Bunda!

Namun, tidur miring ke kanan sebaiknya dihindari orang-orang yang memiliki gangguan gagal jantung.

Selain tidur miring, tidur dengan posisi telentang ternyata tidak sepopuler posisi tidur lainnya. Dikutip dari Healthline, persentase orang yang tidur terlentang hanya sekitar delapan persen.

Meskipun tidak populer, manfaat tidur telentang selain bisa menetralkan semua otot dan tulang belakang tubuh, baik untuk mengantisipasi naiknya asam lambung juga.

Baca Juga: Ingat, 7 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Obat Batuk Kering...

Posisi tidur terakhir adalah tengkurap. Menurut Wikipedia, posisi tidur tengkurap atau adalah posisi yang paling tidak direkomendasikan karena ada banyak dampak negatif yang ditimbulkannya.

Dilansir dari Sleep Doctor, bahaya tidur tengkurap mulai dari nyeri punggung dan leher, rasa kebas, gatal, hingga saraf yang terasa tidak nyaman. Tapi ingat kalau kamu lebih nyaman tidur dengan posisi tengkurap, pastikan hidung tidak tertutup bantal.

Meski punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, pada dasarnya semua posisi tidur itu baik. Tapi perlu perlu diingat, bebas pilih posisi tidur asalkan bisa menciptakan tidur berkualitas. Tidurmu bisa dikatakan berkualitas jika saat keesokan harinya kamu bangun dalam keadaan yang segar dan tidak sakit di seluruh tubuh.

Bagikan