Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah, Begini Penegasan Walikota Palopo

Evaluasi kinerja Perangkat Daerah Seluruh ASN pajabat Struktural Lingkup Pemkot Palopo, yang dirangkaikan dengan Halal Bihalal, berlangsung hari ini di ruang pola kantor Walikota Palopo, Rabu 12 Juni 2019.

Terkini.id, Palopo – Evaluasi kinerja Perangkat Daerah Seluruh ASN pajabat Struktural Lingkup Pemkot Palopo, yang dirangkaikan dengan Halal Bihalal, berlangsung hari ini di ruang pola kantor Walikota Palopo, Rabu 12 Juni 2019.

Pada raker yang dihadiri sekitar 200 pejabat Eselon dari SKPD walikota HM Judas Amir mewarning agar setiap perangkat Daerah untuk segera melakukan pembenahan.

Judas Amir juga mewanti-wanti pejabatnya yang masih suka  memakai pola “ABS” alias Asal Bapak Senang.

“Saya tidak senang dengan pejabat yang ABS, yang ketika ditanya bagaimana kesiapannya jawabannya hanya ia tapi pada kenyataannya programnya tidak jalan,” Tegas Walikota.

Rapat kerja  yang dipimpin oleh walikota Palopo HM Judas Amir ini bertujuan agar serapan anggaran keuangan dalam APBD meningkat sesuai perencanaan sebelumnya.

Ia juga menyampaikan hingga saat ini masih ada Perangkat Daerah/SKPD yang serapan anggarannya lemah, dimana pada Triwulan II tahun 2019 program SKPD masih ada yang belum jalan, termasuk Program DAK/DAU masih belum ada realisasi.

“Ini warning untuk SKPD yang berangkutan. Bagaimana kita bisa memacu pelayanan kepada masyarakat jika serapan anggarannya saja lemah,” tegas walikota.

Menurut Judas pelaksanaan Rapat kerja kaki ini dalam rangka memacu peningkatan akselarasi dan percepatan pembangunan kota Palopo sesuai target yang dibebankan pemerintah, baik Pemprov maupun Pemerintah Pusat.

Sementara itu, Sekda Palopo, H Jamaluddin Nuhung mengatakan, sesuai aturan yang berlaku, Walikota berhak menata ulang pimpinan PD/SKPD yang dinilai lamban dan kurang maksimal dalam merealisasikan serapan anggaran.

“Sebagai pimpinan tertinggi, walikota berhak memberi arahan dan menegur pejabatnya, bahkan melakukan rotasi, jika dirasa tidak sesuai dengan harapan atau target yang sudah diberikan, sanksi maupun reward, baik berupa promosi atau mutasi adalah hal yang wajar-wajar saja,” jelas Sekda.

Rapat ini juga turut dihadiri Wakil Walikota Rahmat Masri Bandaso, Sekda H Jamaluddin N, serta tim evaluasi yang terdiri dari para asisten walikota, Kepala Inspektorat Palopo, dan Kepala BKPSDM serta Kabag Hukum.

Berita Terkait
Komentar
Terkini