Fakta Ghost of Mae Nak, Film yang Dibintangi Mendiang Tangmo Nida

Terkini.id, Jakarta – Fakta dibalik Ghost of Mae Nak, salah satu film yang dibintangi mendiang aktris Thailand Tangmo Nida semasa hidupnya.

Ghost of Mae Nak merupakan film Thailand bergenre horor yang dirilis pertama kali pada 15 September 2005. Disutradarai oleh Mark Duffield dan dibintangi oleh mendiang Tangmo Nida, Siwat Chotchaicharin, Porntip Papanai, Kanjanaporn Plodpai dan sejumlah artis ternama Thailand lainnya. 

Berkisah tentang pasangan suami istri yang baru saja menikah, kemudian saat sang istri Nak (Tangmo Nida) tengah hamil harus rela ditinggal berperang oleh sang suami Mak (Siwat Chotchaicharin). Ditengah kesetian menunggu Mak pulang berperang, Nak harus kehilangan nyawanya beserta anaknya pada saat melahirkan. 

Baca Juga: Review Film : Jurassic World Dominion 2022

Tidak lama, sang suami Mak pulang dan mendapati istri beserta anaknya yang baru lahir menyambut kedatangannya di rumah. Hari-hari pun terasa bahagia bagi keluarga kecil tersebut, hingga suatu hari Mak menyadari bahwa istrinya dan anaknya adalah hantu yang menyamar menyerupai mereka. 

Tentu saja hal itu membuat Mak lari ketakutan ditemani dengan teman-temannya mencoba mencari tempat aman agar tidak diketahui hantu Nak. Disetiap kesempatan hantu Nak membunuh semua teman-teman Mak karena kemarahan roh dari Nak yang menolak untuk melepaskan kehidupan dunia. Pada Akhirnya Mak menemukan tempat persembunyian dan peristirahatan terakhirnya di sebuah Kuil Mhabautr dan Somdej Phra Puttajan dari Thonburi, cerita tersebut dikutip dari Thephuketnews.

Baca Juga: Incantation Film Horor yang Diangkat dari Kisah Nyata, Apakah Kamu...

Berikut Fakta Dibalik Film Ghost of Mae Nak:

  1. Kisah horor Mae Nak sudah beberapa kali difilmkan selama 2 dekade terakhir dan menjadi film box office Thailand.
  2. Tempat tinggal dan peristirahatan terakhir Mae Nak menjadi terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan.
  3. Kisah Mae Nak tidak diketahui benar-benar adanya atau hanya mitos terdahulu, karena tidak ditemukan bukti sejarahnya hanya saja ada beberapa pihak yang mengklaim sisa-sisa peninggalan keluarga Mae Nak.
  4. Banyak versi dari kisah Mae Nak, namun alur cerita intinya tetap sama yakni Nak beserta anak yang dilahirkannya meninggal, sehingga roh keduanya tidak tenang dan menghantui siapa saja termasuk Mak sang suami tercinta.
  5. Nasib Mak dalam banyak versi dikatakan menjadi biarawan setelah ke Kuil Mhabautr dan Somdej.
  6. Tempat pemakaman Mae Nak dipercaya dalam mitos masyarakat Thailand terletak di Wat Mhabautr di Sukhumvit Soi 77 Bangkok.
  7. Orang-orang menyembah ke patung Mae Nak dan membawa sesajen berupa gaun, kosmetik, permen, mainan untuk anak Mak dan Nak, serta bunga. 
  8. Menurut penuturan beberapa orang yang menyembah patung Mae Nak, setelahnya mereka memenangkan lotre.

Benar atau tidaknya kisah Mae Nak, patut dihargai karena telah menjadi kepercayaan dan legenda masyarakat Thailand. Sekumpulan fakta tersebut di lansir dari Thephuketnews.

Bagikan