Fakta Rob Allyn, Pria yang Disebut Sosok Konsultan Asing Prabowo di Debat Pilpres

Pria asing yang hadir dalam debat Capres-Cawapres menjadi perhatian netizen.(ist)
Pria asing yang hadir dalam debat Capres-Cawapres menjadi perhatian netizen.(ist)

Terkini.id – Di tengah acara debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, pada Kamis malam 17 Januari 2018 di Jakarta, perhatian sejumlah netizen khususnya pendukung Jokowi-Ma’ruf tertuju pada sesosok pria asing.

Pria asing tersebut hadir dan duduk di kursi audiens selama debat berlangsung.

Belum ada jawaban resmi dari pihak Prabowo tentang sosok pria asing yang hadir dalam debat Capres-Cawapres tersebut.

Namun, hingga hari ini, netizen mengaitkan sosok tersebut sebagai konsultan politik Prabowo-Sandi.

Foto sosok pria asing tersebut misalnya disebar oleh netizen, Winston Zippi Johannes. “Salah satu Sang dalang tengah mengamati kelakuan tidak wajar wayangnya yang tiba-tiba berjoget dan pijit-pijitan mesra di atas panggung karena tidak mampu menjawab pertanyaan dalam sebuah acara debat publik resmi,” tulisnya sambil memosting foto tersebut.

Beberapa netizen, menyebut sosok tersebut adalah Rob Allyn, meski wajahnya tidak mirip.

Siapa Rob Allyn?

Pada 2014 silam, Rob Allyn yang merupakan konsultan politik asal AS, mengakui bahwa dirinya membantu Prabowo – Hatta dalam proses pilpres 2014.

Dia mengaku hanya membuat konsep iklan televisi Prabowo yang efektif berbasis riset yang baik.

Selain membantu Prabowo, Rob juga mengklaim bahwa dirinya pernah terlibat membantu Jokowi di Pilgub DKI Jakarta pada 2012.

Rob dikenal sebagai seorang pendukung Partai Republik di AS dan merupakan perancang kampanye dari Gorge Bush sebagai Gubernur Texas pada tahun 2000 dan masuk kedalam tim pemenangan Bush dalam sebagai presiden Amerika Serikat pada 2004.

Setelah itu Rob juga menjadi konsultan politik calon presiden Meksiko Vincente Fox setelah Bush memenangkan pemilu Amerika Serikat.
Vicente pun kemudian menjadi presiden dan mampu menumbangkan Partai Revolusi Institusional yang telah berkuasa selama 71 tahun di negeri tersebut.

Rob juga dikenal sebagai seseorang yang sudah malang melintang di dunia periklanan dan public relation di Amerika selama 25 tahun.

Kepada media Rob pernah mengaku kalau dirinya tidak mengusung ideologi tertentu namun apa yang dilakukannya hanya sebatas bisnis semata.

Bantahan Tim Prabowo-Sandi

Sementara,Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak membantah timnya menggunakan jasa konsultan politik Rob Allyn.

“Ngak, tidak benar itu,” ujar Dahnil seperti dilansir jawapos.

Nama Rob Allyn bukan menjadi nama yang asing bagi Prabowo, sebab yang bersangkutan sudah beberapa kali diminta bantuan oleh Prabowo sebagai konsultan politik dan medianya untuk memenangkan pemilu saat Prabowo bertarung di Pilpres 2014 bersama dengan Hatta Rajasa melawan Jokowi-Jusuf Kalla.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini