Masuk

FIFGROUP Lakukan Pembinaan kepada Siswa-Siswi Lewat FIFGROUP Explore 2021

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Era Industri 4.0 kian membutuhkan lulusan siap kerja, hal ini menuntut seluruh lulusan sekolah hingga perguruan tinggi harus mempersiapkan diri untuk mampu menguasai sejumlah kompetensi, seperti pengetahuan bisnis, kemampuan berbahasa asing, pengetahuan digital hingga soft skill.

Tanpa kompetensi tersebut, lulusan sekolah hingga perguruan tinggi berpotensi sulit bersaing di tengah ketatnya persaingan mencari kerja saat ini. 

Minimnya penguasaan kompetensi tersebut menjadi pemicu banyak jumlah pengangguran di Indonesia. 

Baca Juga: Dorong Pemerataan Akses dan Kualitas Pendidikan di Semua Tingkatan, Cara Astra Dukung KTT B20

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi penyumbang tertinggi angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengatakan data terbaru BPS mencatat pada Agustus 2021 angka pengangguran di SMK mencapai 11,13 persen.

Angka ini lebih rendah dibanding Agustus 2020 yang mencapai 13,55 persen dan juga dibanding Februari 2021 yang mencapai 11,45 persen. 

Baca Juga: AstraPay Kolaborasi Kalla Toyota Promosi Layanan Cashless dengan Benefit Menarik

Angka tersebut menjadi angka paling tinggi jika dibandingkan dengan tamatan jenjang pendidikan lainnya.

Hal ini disebabkan, siswa-siswi pendidikan kejuruan hanya diberikan pembelajaran dan pengembangan keterampilan yang sesuai dengan standar jurusan yang telah ditetapkan, tetapi pembelajaran tersebut masih belum sesuai dengan kebutuhan industri saat ini yang menyebabkan minimnya serapan tenaga kerja dari lulusan SMK.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, PT Federal International Finance (FIF) atau FIFGROUP yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk, melalui Human Capital Recruitment, Talent and Career Management (HC-RTCM) Department bekerja sama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Department meluncurkan program bertajuk “FIFGROUP Experience Learning For Students (EXPLORE) 2021” yang sudah diselenggarakan sejak bulan September 2021.

Program tersebut menargetkan pembinaan kepada siswa dan siswi SMK di Bandar Lampung dan Palu. Untuk mewujudkan program tersebut, FIFGROUP berkolaborasi dengan SMK Negeri 4 Bandar Lampung dan SMK Negeri 2 Palu.