FMIPA UNM Latih Kelompok Masyarakat Wanita Olah Buah Pepaya

pepaya
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan pelatihan pengolahan buah pepaya di Kabupaten Enrekang

Terkini.id, Enrekang – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan pelatihan pengolahan buah pepaya di Kabupaten Enrekang.

Pelatihan ini digelar lewat program PKM dengan judul Diversifikasi Pengolahan Pepaya di Kabupaten Enrekang. Program dilaksanakan di UPT SMA Negeri 2 Kabupaten Enrekang.

Pelaksanaan PKM ini dipimpin Hartati, S.S., M.Si., Ph.D dengan dua orang anggota Ir. Halifah Pagarra, M.Si., Ph.D. dan Dr. A. Mu’nisa, S.Si., M.Si.

Tujuan pelatihan agar kelompok masyarakat wanita memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengolahan buah pepaya. Menjadi berbagai produk seperti selai nenas dan abon pepaya yang bernilai ekonomi.

Secara umum keadaan topografi wilayah Enrekang didominasi bukit-bukit atau gunung-gunung. Sekitar 84,96 persen pegunungan, dari luas wilayah Kabupaten Enrekang. Sedangkan yang daerah datar hanya 15,04 persen.

pepaya
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan pelatihan pengolahan buah pepaya di Kabupaten Enrekang

Penduduk Kabupaten Enrekang sebagian besar memiliki mata pencaharian utama pada sektor pertanian. Sekitar 65 persen.

Tim PKM memaparkan permasalahan yang dihadapi kelompok masyarakat wanita. Terdiri dari ibu-ibu dan remaja putri di Kabupaten Enrekang. Umumnya masyarakat belum mengetahui prosedur pengolahan pepaya menjadi selai pepaya. Ibu-ibu juga belum mengetahui proses pengolahan pepaya menjadi abon pepaya.

Tim PKM mengatasi permasalahan masyarakat dengan memberikan pelatihan tentang prosedur pengolahan buah pepaya menjadi selai abon pepaya.

“Ini solusi yang ditawarkan,” kata Ir. Halifah Pagarra, M.Si, Phd kepada Terkini.id, Selasa 24 September 2019.

Berita Terkait