Forum Jurnalistik, Cara Diskominfo Perangi Hoaks di Tengah Era Teknologi

Forum Jurnalistik Diskominfo

Terkini.id, Makassar – Staf Ahli Bidang I Abdul Azis Hasan mengatakan, saat ini, era teknologi sudah semakin canggih dan modern. Namun, kata dia, peluang merebaknya kabar bohong justru semakin besar di tengah banjir informasi.

“Hoaks, fitnah, dan termasuk ujaran kebencian ditengah banjir informasi, baik itu teks, gambar, maupun video terus menggempur setiap hari,” kata dia saat ditemui di Hotel Arthama, Senin, 16 September 2019.

Hal itu ia sampaikan di hadapan insan pers, dan Aparat Sipil negara atau ASN, serta pers mahasiswa saat Diskominfo menggelar forum jurnalistik dan OPD Kota Makassar.

Dia pun mengaku prihatin terhadap peredaran konten-konten negatif yang semakin banyak dan meresahkan. Ia mengatakan hal itu melanggar etika lantaran menyampaikan informasi yang salah.

“Bahkan dengan kepentingan tertentu, yang memang sengaja disebar untuk membangkitkan rasa takut, membangkitkan pesimisme, menebar ketakutan, menebar kecemasan, menebar¬† kekhawatiran, dan juga perasaan-perasaan terancam kepada masyarakat demi kepentingan kepentingan tertentu,” terang Azis.

Oleh sebab itu, ia berharap, ke depan, media dan OPD harus lebih waspada dalam mencerna dan mengabarkan informasi. Selain itu, ia mengatakan   media harus mengambil peran untuk konsisten dalam mengabarkan fakta.

Terpisah, Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Ade Ismar Gobel berharap lahirnya kemampuan menciptakan konten positif dalam kegiatan ini.

“Kemampuan memahami esensi kode etik jurnalistik serta peningkatan kemampuan terhadap pengetahuan tentang UU Informasi Transaksi Elektronik menjadi pedoman bersama,” kata dia.

Adapun narasumber pada kegitan tersebut, antara lain, Iwan taruna praktisi jurnalis wartawan senior yang berbicara ihwal liputan di area konflik, sementara Fajriani langgeng sebagai Ketua LBH pers lebih banyak menyinggung soal teori jurnalistik.

Terakhir, Ketua Aliansi Jurnalis Indonesia Nurdin Amir memaparkan perihal etika jurnalisme serta berbagi pengalaman selama meliput di lapangan.

Komentar

Rekomendasi

Disangka Tujuan Politik, Pendataan Dasawisma Tuai Respons Negatif Masyarakat

Tutupi Kebocoran PAD, PD Parkir Makassar Raya Ingin Berdayakan Jukir Liar

Perwali Makassar Soal Penertiban Minuman Beralkohol Dinilai Tak Efektif

Muhammad Ismak Maju Atau Mundur di Pilwali Makassar 2020?

Palsukan KTP Masyarakat, Calon Perseorangan Pilwali Makassar Bisa Dipidana

Bicara Diseminasi Hasil Penelitian Kebijakan Daerah, Sekda: Kita Semangat

SAdAP Bakal Setor 100 Ribu e-KTP ke KPU Makassar

Di Hadapan Kementerian ATR/BPN Iqbal Paparkan RDTR Kawasan Biringkanaya

5 Tahun Mendatang, Dirut Hamzah Sebut Sumber Air Baku Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar