FPM Simpul Pena Sulsel Lakukan Kunjungan Literasi

Terkini.id, Makassar — Mengawali kepengurusan baru FPM Simpul Pena Agupena Sulsel untuk periode 2020 – 2023 melakukan kunjungan redaksi ke salah satu media Makassar pada Sabtu, 15 Februari 2020 kemarin.

Kunjungan yang dilakukan pengurus FPM Simpul Pena Sulsel dengan topik “Feature” juga dihadiri beberapa Guru & pelajar yang berasal dari SMA Harapan Bakti Makassar serta pelajar SMANKO Makassar.

Sebelumnya, M. Ardy Ali selaku pembina menyampaikan tujuan dan harapan atas kunjungan yang dilaksanakan.

Baca Juga: Genjot Menulis Buku, Sejumlah Organisasi Kolaborasi Adakan Bincang-bincang Literasi

“Saya berharap dengan hadirnya 3 kelompok binaan saya disini, bisa membuat mereka bersinergi dalam memajukan dunia kepenulisan dan saya berharap mereka bisa diterima nanti untuk bergabung di keker untuk mengembangkan pengetahuan mereka,” ungkap M. Ardy Ali yang juga sebagai ketua umum Agupena (asosiasi guru penulis indonesia) Sulsel

Dalam sharing seputar feature yang diterima langsung oleh Isman salah satu jurnalis dalam media tersebut menjelaskan bahwa menulis feature itu menggunakan bahasa yang sastrawi.

Baca Juga: Duta Baca Sulsel Keliling Bulukumba, Ini Reaktif Forum Simpul Pena

“Bahasa yang digunakan dalam menulis feature adalah bahasa sastrawi, yang tidak terlalu mendayu-dayu,” ujar Isman.

Ia juga menjelaskan bahwa menulis feature tidak jauh berbeda dengan menulis cerpen, keduanya memiliki kemiripan.

“Menulis Feature sama seperti saat kita menulis cerpen, yaitu mendeskripsikan objek. Namun, perbedaannya cerpen itu bersifat fiksi sedangkan feature bersifat non fiksi,” tutupnya.

Baca Juga: Duta Baca Sulsel Keliling Bulukumba, Ini Reaktif Forum Simpul Pena

Diketahui, Simpul Pena ini adalah binaan Agupena yang secara struktur mulai tingkat pusat hingga pengurus ranting-ranting, atau di sekolah-sekolah dan kampus.

Usai pertemuan tersebut dirangkaikan dengan photo bersama.

Bagikan