FT Unhas Gelar Penyuluhan dan Pelatihan Rekayasa Desain Dimensi Daun Kemudi Kapal Kayu

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Tim pengabdian masyarakat FT Unhas bersama pengrajin kapal kayu kecamatan Bontobahari, kabupaten Bulukumba.

Terkini.id, Makassar- Tim pengabdian masyarakat Fakultas Teknik (FT) Universitas Hasanuddin(Unhas), gelar penyuluhan dan pelatihan rekayasa desain dimensi daun kemudi kapal kayu di kecamatan Bontobahari kabupaten Bulukumba, Kamis 19 September 2019.

Dihadiri 15 peserta yang terdiri dari pengrajin kapal dan mahasiswa FT Unhas, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya dalam meningkatkan keterampilan para pengrajin kapal di daerah tersebut.

“Kedepannya akan sangat efektif penetuan luasan daun kemudi kapal tradisional jika dapat didasarkan pada pendekatan dimensi kapal yang telah diproduksi sebagaimana yang diterapkan pada kapal modern,” papar Andi Haris Muhammad, ST., MT., PhD., selaku ketua Tim pengabdian masyarakat Fakultas Teknik Unhas.

Dia menambahkan, selain untuk meningkatkan keterampilan peserta, kegiatan ini juga, dilatar belakangi dengan semakin meningkatnya permintaan pembuatan kapal kayu tradisional di daerah yang menjadi kawasan industri kapal tradisional terbesar di Bulukumba.

Bekerja sama dengan UD Bina Pustaka Kabupaten Bulukumba, H Abdullah selaku perwakilan, memulai kegiatan dengan menjelaskan seputar perancangan daun kemudi kapal kayu tradisional yang diterapkannya selama ini dalam mendukung olah gerak kapal. Dan diakhiri dengan pelatihan pengukuran langsung daun kapal kemudi oleh peserta yang hadir.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

TNI-Polri Bersama Relawan, Melakukan Ini Saat di Lembanna Bawakaraeng

Masuk Pintu Lembanna, Ada Petugas Posko Tim Protokol Kesehatan,

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar