Gandeng Edure, MC3 Edukasi Santriwati Ponpes Yatama Mandiri Soal Pendidikan Seksual

Terkini.id, Gowa – Makassar Cancer Care Community (MC3) dan Education and Research For Empowerment (Edure) menggelar Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja dan Pendidikan Seks Sejak Dini Dalam Pencegahan Pelecehan Seksual pada Anak dan Remaja, Jumat 17 Desember 2021.

Maraknya kasus pelecehan seksual di dunia pendidikan di masa pandemi serta tingginya angka penderita kanker pada perempuan mendorong MC3 dan Edure untuk memberikan edukasi kepada santri Pondok Pesantren Yatama Mandiri, Palangga, Kabupaten Gowa. 

Pembukaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Yayasan Yatama Mandiri Hj. Nusiah Hafid dan Pimpinan Pondok Pesantren Dra. Hj. Muliati Dahlan yang menyambut dengan senang kegiatan itu. 

Baca Juga: Bareng Edure, Mahasiswa Unismuh Makassar Ikuti Eduekowisata di Hutan Mangrove...

Turut hadir Ketua MC3, Dr. Nurlina Subair M.Si dan Ketua Edure, Dr. Risma Haris M.Si selaku pemateri.

“Saya berterima kasih atas kepedulian MC3 dan Edure kepada santriwati kami. Khususnya pada pendidikan reproduksi perempuan,” ujar Pimpinan Ponpes Yatama Mandiri, Muliati Dahlan.

Baca Juga: Resmi Berdiri, Komunitas EduRE Bantu Kelompok Wanita Nelayan Lewat Pelatihan...

“Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin agar mereka mendapat tambahan ilmu penting selain pelajaran di pondok,” sambungnya.

Menurut pihaknya, materi pendidikan seks dan kepedulian terhadap alat reproduksi untuk kesehatan penting bagi santriwati lantaran kasus pelecehan saat ini marak terjadi di dunia pendidikan.

Antusias peserta kegiatan penyuluhan tersebut cukup tinggi. Hal it lu terlihat dari jumlah peserta yang mencapai 400 orang dan aktif bertanya.

Baca Juga: Resmi Berdiri, Komunitas EduRE Bantu Kelompok Wanita Nelayan Lewat Pelatihan...

Sementara itu, Ketua Edure Risma Haris menjelaskan, poin yang ia tekankan dalam paparan materinya kepada satriwati yakni terkait pencegahan pelecehan seksual.

“Mereka harus menyadari dan memahami bahwa tubuh kita merupakan miliki kita. Harus berani speak up jika ada yang melecehkan kita,” tegasnya.

Kegiatan ditutup dengan pembagian hadiah kepada peserta yang aktif bertanya dan pemberian donasi Jumat barokah dari MCCC. Hal itu pun disambut dengan wajah bahagia oleh semua peserta.

Citizen Reporter : Irma Muhsen

Bagikan