MC3 dan Prodi Magister Kesehatan PPs UIT Ciptakan Inovasi Cuci Tangan Bascov19

MC3 dan Prodi Magister Kesehatan PPs UIT Ciptakan Inovasi Cuci Tangan Bascov19

Terkini.id, Makassar – Jalinan kerjasama antara Makassar Cancer Care Community (MC3) dan Prodi Magister Kesehatan PPs UIT berbuah berkah di tengah pandemi Covid-19.

Menggandeng Arima Art, MC3 dan Prodi Magister Kesehatan PPs UIT menciptakan sebuah produk inovasi cuci tangan tanpa sentuhan tangan yang diberi nama Bascov19.

“Berawal dari kepedulian kami terhadap bahaya virus Corona, memberikan ide untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya cuci tangan, bukan hanya sekedar cuci tangan saja,” ujar Kaprodi Mkes PPs UIT Dr. Risma Haris M.Si, Selasa, 2 Juni 2020.

Momen hari pertama masuk kantor di Lingkup pemerintahan Kota Makassar, Selasa, 2 Juni 2020, menjadi hari peluncuran Bascov.19 di kantor Dinas Pariwisata Kota Makassar.

Pada kegiatan implementasi Bascov19 turut dihadiri beberapa pegawai di lingkup dinas pariwisata serta kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar.

Menarik untuk Anda:

Risma Haris menjelaskan bahwa alat ini penuh dengan edukasi didesain khusus ala akademisi.

“Alat tanpa menyentuh kran air maupun tempat sabun sebagai bentuk edukasi bahwa virus sejatinya akan menempel di benda jika tersentuh tangan yang membawa virus,” jelasnya.

Petunjuk cuci tangan, kata dia, memberikan edukasi cara mencuci tangan yang benar.

“Produk inovasi ini dibuat dengan memanfaatkan bahan daur ulang yg mudah didapat, dan terjangkau,” ujar Arifin Makmur, S.T, Desainer dari Bascov19.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Ir Rusmayani Majid, MP mengapresiasi produk inovasi Bascov19.

Ia mengungkapkan sangat pentingnya alat ini dimiliki untuk mencegah penularan virus Corona di lingkup Dinas Pariwisata.

Produk ini pun telah disebar dan diperkenalkan ke masyarakat serta beberapa tempat umum seperti RSUD Daya, Rumah Singgah Kanker Anak serta beberapa sekolah seperti SMAN 6 Parangloe di Kabupaten Gowa, SMPN 21 Kota Makassar, SMPN 36 Kota Makassar dan SMPN 41 di Pulau Samalona.

Dr. Nurlina Subair M.Si selaku Ketua MC3 berharap agar produk ini bisa membantu pemerintah dalam mensosialisasikan dan mencegah penularan Covid-19 melalui cuci tangan.

Citizen Reporter: Irma Muhsen

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Bahas Tantangan Digitalisasi Koperasi, PLUT Sulsel Gelar Webinar

Update 11 Juli Kasus Covid-19 di Makassar, Sudah Tembus 4.000 Lebih

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar