Gelar Diskusi Terbuka, IWA Mbojo Unhas Hadirkan Staff Khusus Gubernur NTB

IWA Mbojo Unhas
Gelar Diskusi Terbuka, IWA Mbojo Unhas Hadirkan Staff Khusus Gubernur NTB

Terkini.id, Makassar – Mahasiswa Mbojo (Bima-Dompu) menggelar Diskusi Terbuka. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Ikatan Mahasiswa (IWA) Mbojo Unhas, Makassar.

Acara sharing session yang menghadirkan alumni dan dosen Unhas itu, mengambil tempat di Maxe Barber & Cafe di Kota Makassar, Rabu, 26 Juni 2019.

Kegiatan ini merupakan ajang silahturahmi  antara IWA Mbojo Unhas dengan dosen dan alumni Unhas. Selain mahasiswa dan Alumni kegiatan ini dihadiri oleh mantan Humas Unhas Dr H Dahlan Abubakar SS SHum, Dosen FIKP UNHAS Dr Syafyudin Yusuf ST MSi, dan Fajlurrahman Jurdi SH MH.

Turut hadir pula staff khusus Gubernur NTB Ir Hadi Santoso ST MM yang berkunjung ke Kota Makassar untuk melakukan wisuda Insinyur Unhas dan sekaligus sebagai Pembicara dalam sharing session ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan inovasi baru kepada mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri sedari dini dan memberikan motivasi kepada alumni untuk menghadapi dunia kerja.

Selain itu juga untuk menjaga silahturahmi bersama mahasiswa, alumni, dosen dari Bima-Dompu di Unhas.

Paparan Materi dari Ir Hadi Santoso

Dalam sharing session ini  Ir Hadi Santoso ST MM menyampaikan bahwa sedikitnya 87% orang bekerja bukan pada bidangnya sementara kemampuan akademik hanya 20% menentukan sukses tidaknya seseorang.

Berorganisasi, kata dia, dianggap perlu untuk mengembangkan diri bagi generasi muda, selain keilmuan organisasi juga memberikan pengalaman untuk memimpin diri sendiri dan orang lain.

“Jadi ketika saya membuka bisnis penjualan barang eletronik saya sudah tau bagaimana memimpin orang-orang yang bekerja dengan saya, dan sudah tahu bagaimana mengembangkannya,” ujar Hadi Santoso.

Saat ini, lanjutnya, Pemerintah Provinsi NTB memberikan kesempatan bagi putra-putri terbaik NTB untuk melanjutkan kuliah baik itu S1, S2 dan S3 keluar negeri, biaya kuliah ini ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah provinsi.

“Inisiatiflah untuk menjadi bagian dari beasiswa NTB ini dan ikuti alur pendaftarannya, ini kesempatan besar untuk kalian. Kembangkan potensi diri kalian dan abdikan diri untuk NTB,” tutur alumni Teknik Elektro Unhas ini.

Potensi wisata di Kabupaten dan Kota Bima, kata Hadi, sangat mumpuni untuk dikembangkan. Harapan besar potensi ini, kata dia, bisa dikembangkan lagi untuk menunjang lapangan pekerjaan serta menambah pendapatan masyarakat dan Pemerintah Daerah.

“Ikan cakalang di perairan Bima berkembang pesat di sekitaran perairan Bima, ini menjadi pendapatan tambahan untuk nelayan dan juga kita ketahui bahwa Bima memiliki laut dan pantai yang indah ini juga merupakan potensi wisata yang patut kita dukung dan kembangkan,” ujar pembicara lainnya, Dr Syafyudin Yusuf  ST MSi.

Pesan Dr Dahlan Abubakar

Sementara itu, Dr H Dahlan Abubakar SS SHum mengatakan bahwa membangun relasi yang baik dengan siapapun merupakan sebuah modal untuk masa mendatang, kemudian Indeks prestasi Komulatif seseorang tidak menjamin suksesnya seseorang akan tetapi skill seseorang lah yang menentukan masa depannya.

“Bagaimanapun hebatnya kita tanpa jejaring kita bukan apa-apa, makanya perlu membangun relasi yang baik dengan siapapun. Tinggi rendahnya nilai IPK seseorang tidak menentukan masa depannya tapi kemampuan apa yang kamu punya dan relasi apa yang sudah dibangun untuk rencana masa mendatang,” terangnya.

Berita Terkait