Gelar Pelatihan Jurnalistik, HMI ATIM Bahas Peran Media

HMI ATIM
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat ATIM menggelar Training Penulisan Jurnalistik, Opini, Artikel

Terkini.id, Makassar – Lewat pelatihan yang berlangsung selama 2 hari, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat ATIM menggelar Training Penulisan Jurnalistik, Opini, Artikel bertempat di Kampus Politeknik ATI Makassar, Jalan Sunu, Sabtu hingga Minggu, 5-6 Oktober 2019.

Diikuti belasan peserta, kegiatan ini turut menghadirkan Marwan R Hussein (Alumni Teknik Unhas) dan Karman Kurniawan (Alumni Poltek ATI Makassar) yang masing masing bertindak sebagai narasumber pelatihan.

Dalam materi Jurnalistik, Karman mengungkapkan jika kerja-kerja pers bukan hanya sekedar mengulas sebuah peristiwa menjadi sebuah berita melainkan ada bagian dari kerja jurnalistik yang sering diindahkan.

“Disadari atau tidak, peran media selain menginformasikan peristiwa, juga berperan dalam membentuk opini publik masyarakat. Saking berpengaruhnya, tatanan masyarakat bisa berubah karena informasi yang edukatif dan inspiratif dari sebuah media,” ungkap Karman, Minggu, 6 Oktober 2019.

Senada dengan itu, Marwan Hussein mengatakan jika pengetahuan yang didapat hari ini cenderung diakses melalui media tanpa disadari.

“Yakin dan percaya, kebanyakan dari kita apalagi mahasiswa jika ingin mendapatkan suatu informasi, pasti melakukan searching di internet,” jelasnya saat menjelaskan materi opini dan artikel.

Marwan juga mengajak peserta training untuk turut aktif dan berani menumpahkan isi pikirannya terkait opini artikel sesuai kaidah-kaidah penulisan yang ditetapkan.

Sekedar diketahui, kegiatan ini dirangkaian dengan diskursus keorganisasian dan festival buku. Kegiatan ini juga merupakan workshop penulisan yang pertama kali dilaksanakan HMI ATIM.

Citizen Reporter: Muh Alfahri

Komentar
Terkini
Kampus

LKIM-PENA Unismuh Kembali Gelar PIKIR 2019

Terkini.id, Makassar - Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah Makassar kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja