Makassar Terkini
Masuk

Gereja Katolik di New York Kehilangan Tabernakel Emas Seharga Rp 29 Miliar, Pendeta Gereja: Rekaman Kamera Juga Dicuri

Terkini.id, Jakarta – Gereja Katolik di Brooklyn, New York, mengalami kehilangan terhadap tabernakel emas mereka. Harga dari tabernakel tersebut adalah US$2 juta atau senilai dengan Rp 29 miliar.

Diketahui tabernakel telah dicuri pada Kamis 26 Mei 2022 lalu. Pencurian juga terjadi pada pukul 18.30 waktu setempat di Gereja Katolik Roma St. Augustine.

“Rekaman kamera dari sistem keamanan Gereja juga dicuri,” ungkap pendeta Gereja, mengutip dari viva.co.id pada 31 Mei 2022.

Selain itu, dikabarkan bahwa pencuri turut merusak kepala patung malaikat di beberapa tempat. Alhasil, pihak Gereja pun menutup rumah ibadah tersebut untuk dilakukan perbaikan.

“Pencuri memotong selubung pelindung logam dan membawa tabernakel yang berasal dari pembukaan Gereja pada tahun 1890-an,” ungkap Keuskupan Brooklyn.

Diketahui bahwa tabernakel merupakan kotak yang di dalamnya terisi barang perjamuan kudus dan dibuat dari emas 18 karat dan seringkali dihiasi oleh permata. Dijelaskan bahwa pengamanan akan tabernakel tersebut sudah cukup ketat.

“Keamanannya melibatkan brankas anti pencuri yang dioperasikan secara elektronik dan pelat baja setebal satu inci yang benar-benar menutup tabernakel,” jelas Keuskupan.

Seorang pastor St. Augustine juga menjelaskan bahwa kejadian tersebut sangat menghancurkan, sebab tabernakel merupakan fokus utama dalam Gereja St. Augustine di luar ibadah.

Menurut kepolisian setempat, pencuri sengaja mendobrak masuk ke dalam Gereja. Setelah mencuri tabernakel, pelaku juga memenggal beberapa patung malaikat dan membobol brankas di sakristi tempat para imam mempersiapkan Misa.

Gereja Katolik St. Augustine juga dikenal sebagai Notre Dame di lingkungan Park Slope Brooklyn. Keuskupan Brooklyn menyebutkan bahwa kejadian tersebut sangatlah tidak pantas sebab tidak menghormati rumah Tuhan.