Guru Besar FKM UI Ungkap 3 Sumber Penularan Virus Corona

Virus Corona
Guru Besar FKM UI Prof Purnawan Junaidi ungkap sumber penularan virus corona. (Foto: Head Topics)

Terkini.id, Jakarta – Guru Besar Universitas Indonesia (UI), Prof Purnawan Junaidi, mengungkapkan tiga sumber penularan virus corona atau COVID-19.

Menurut Purnawan, tiga hal yang harus diwaspadai masyarakat yakni uang tunai, barang online, dan orang terdekat atau keluarga.

“Memang ada tiga sumber penularan yang orang suka lupa, barang online, uang cash, sama orang terdekat,” kata Purnawan di BNPB Jakarta, seperti dilansir dari Genpi, Minggu, 29 Maret 2020.

Guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI ini menjelaskan bahwa barang-barang yang dibeli atau diterima masyarakat secara online terkadang diperlakukan biasa.

“Padahal bisa berpotensi membawa virus juga, termasuk orang yang mengantarnya,” ujar Purnawan.

Menarik untuk Anda:

“Kemudian uang tunai, bisa menularkan virus dari orang per orang karena ada sentuhan benda dengan anggota tubuh terutama tangan,” sambungnya.

Oleh karena itu, Ketua Aliansi Telemedia Indonesia ini mengharapkan agar masyarakat mengusahakan cara-cara transaksi tertentu sehingga lebih aman.

“Yang terakhir adalah orang terdekat, terutama yang masih muda di mana meski memiliki imun tubuh yang baik dan kondisi badan yang tidak mudah sakit, bisa menjadi pembawa virus (carier) yang bisa menularkannya terlebih pada mereka yang tergolong lansia,” tambahnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Habib Rizieq Kabur dari Rumah Sakit lewat Pintu Belakang

Habib Ali bin Muhammaf Aldjufri Kecam Keras Pembunuhan di Sigi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar