Gus Sahal Bagikan Pemahaman ‘Ulama Su’ Menurut Imam Ghazali, Netizen: Di Kristen Model Pendeta Seperti Itu Banyak

Terkini.id, Jakarta – Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Amerika Serikat, Akhmad Sahal atau yang sering disapa Gus Sahal, membagikan pemahaman ciri-ciri ‘ulama su‘ menurut Imam Ghazali.

Dalam hal ini, Gus Sahal mengunggah hasil tangkap layar yang berisi artikel terkait ciri-ciri ulama su menurut Imam Ghazali.

Hal tersebut diunggahnya melalui cuitan di akun Twitter pribadinya @sahal_AS pada Selasa, 23 November 2021.

Baca Juga: Singgung Ucapan Natal, Gus Miftah: Tetangga Saya Kristen Paling Pertama...

Terlihat dengan jelas tulisan dari hasil tangkap layar PCINU Amerika tersebut, menurut Imam Ghazali, ciri-ciri ulama su yang pertama adalah mereka yang mempergunakan ilmunya sebagai sarana untuk memperbanyak harta.

Kemudian, ciri ulama su yang kedua adalah mereka yang mempergunakan ilmunya untuk berbangga dengan kedudukannya.

Baca Juga: Kecewa dengan Islam, Ulama Besar Ini Masuk Kristen Usai Ditangkap

Lalu, ciri ulama su yang ketiga adalah mereka yang menyombongkan diri dengan besarnya jumlah pengikut.

Selanjutnya, ciri ulama su yang kempat adalah mereka yang masih mengira bahwa dirinya mempunyai posisi khusus disisi Allah karena ciri-ciri, pakaian, dan kepandaian berbicaranya seperti ulama.

Dalam unggahan hasil tangkap layar artikel ciri-ciri ulama su menurut Imam Ghazali tersebut, Gus Sahal juga menuliskan caption dengan tulisan ‘#UlamaBusuk10M’.

Baca Juga: Kecewa dengan Islam, Ulama Besar Ini Masuk Kristen Usai Ditangkap

“#UlamaBusuk10M, ciri-ciri ulama busuk menurut Imam Al-Ghazali,” tulis Gus Sahal, dikutip Terkini.id dari akun Twitter @sahal_AS pada Rabu, 24 November 2021.

Dari cuitan Gus Sahal tersebut, menuai banyak tanggapan dari Netizen di Twitter. Salah satunya datang dari akun Twitter @glenfriendly, Ia menjelaskan bahwa dalam tradisi Alkitab Perjanjian Baru umat Kristen, terdapat golongan Farisi dan ahli Taurat yang mempunyai ciri-ciri seperti ulama su menurut Imam Ghazali.

“Kalau dalam tradisi Alkitab Perjanjian Baru umat Kristen, ada golongan Farisi dan ahli² Taurat yang mempunyai ciri-ciri seperti di atas. Persis, menjadikan posisi mereka sebagai sarana memperkaya diri dan memonopoli kebenaran,” tulis akun Twitter @glenfriendly.

Netizen / Tangkap layar Twitter @glenfriendly

Kemudian, datang juga dari akun Twitter atas nama Chandra Simanjuntak, Ia juga menjelaskan hal yang sama seperti akun Twitter @glenfriendly.

Dalam hal ini, Chandra Simanjuntak mengatakan bahwa di Agama Kristen juga banyak model pendeta seperti ulama yang sama persis dengan ciri-ciri ulama su menurut Imam Ghazali.

Netizen / Tangkap layar akun Twitter @chandrajuni82

“Nah ini benar,aku setuju. Di Kristen model pendeta seperti ulama yang ada ditulisan ini, juga banyak,” tulis akun Twitter @chandrajuni82.

“Jadi akur sudah, bukan gelar, ilmu, ucapan, khotbah, massa dan simbolnisasi agama yang perlu, tapi implementasi nyata dari agama yang kamu anut itu, yang paling penting,” pungkas Chandra Simanjuntak.

Bagikan