Makassar Terkini
Masuk

Gus Samsudin Akan Kubur Dirinya Sendiri Selama 2 Hari: Mulai Besok!

Terkini.id, Jakarta – Beredar video Gus Samsudin menyampaikan rencana ritualnya di hadapan para jama’ah, ia mengaku akan kubur dirinya sendiri dalam waktu yang tidak singkat, yaitu selama 2 hari.

Video itu diunggah oleh channel youtube Dhita Leny, dengan judul ‘Jurus Tapa Pendem Ala Gus Samsudin‘, sebagaimana dilansir Terkini.id pada Senin, 8 Agustus 2022.

Dalam video itu Gus Samsudin menyampaikan bahwa dirinya akan menjalankan ritual tapa pendem selama dua hari.

Dirinya mengaku bahwa ritual itu pernah dilakukan olehnya beberapa tahun lalu, kemudian ia akan melakukan ritual itu kembali.

“Insya Allah nanti saya akan melakukan tapa pendem, seperti yang saya lakukan di tahun-tahun kemarin,” ujar Gus Samsudin menyampaikan.

Dikutip dari boombastis.com, tapa pendem merupakan ritual yang juga disebut dengan istilah aji tapa, berdasarkan kepercayaan masyarakat, ritual itu merupakan peninggalan dari Sunan Kali Jaga.

Tapa pendem merupakan ritual yang mengharuskan seseorang mengubur dirinya di dalam tanah.

Ritual itu dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, ialah dengan mengubur diri di dalam tanah sampai leher, sehingga hanya kepala yang berada di permukaan tanah.

Kedua, ialah dengan cara mengubur diri sepenuhnya sebagaimana orang meninggal. Mereka tidak makan, minum, buang air kecil dan besar, bahkan tidak tidur ketika melakukan ritual tapa pendem.

Tidak dijelaskan dalam video itu Gus Samsudin akan melakukan ritual tapa pendem dengan cara pertama atau kedua.

“Mulai nanti malam insya Allah saya melakukan tapa pendem, Allahumma sholi ala Syaidina Muhammad,” ujar Gus Samsudin melanjutkan.

“Dan itu akan berjalan dua hari, mulai besok, besok hari selasa, selasa itu adalah hari kelahiran saya,” ujar Gus Samsudin melanjutkan pernyataannya dalam video tersebut.