Masuk

Hadiri Forum Bersama Joe Biden, Jokowi: Kepercayaan Publik Adalah Kuncinya

Komentar

Terkini.id, Jakarta- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo berbicara soal pencegahan korupsi saat menghadiri Forum Open Government Partnership Global Summit. Forum itu juga diikuti oleh sejumlah pemimpin dunia, salah satunya Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Forum Open Government Partnership Global Summit disiarkan pada Rabu, 15 Desember 2021, secara virtual di kanal Youtube Open Government Partnership.

Presiden Jokowi membahas tentang pencegahan korupsi lewat transformasi digital. Dia menyebut transformasi digital dapat meningkatkan pelayanan publik.

Baca Juga: Heboh, Pernyataan Jokowi Seputar Pemimpin Rambut Putih, Denny Siregar: Bukan Ganjar, Bapak Rambutnya Hitam

Dia juga berbicara mengenai pelibatan publik dalam tata kelola pemerintahan. Dia menilai partisipasi publik perlu diperkuat.

“Digitalisasi pelayanan publik akan berdampak pada meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas. Digitalisasi akan mengurangi potensi korupsi, penyelewengan,” kata Joko Widodo.

“Publik adalah mitra pemerintah, kepercayaan harus diperkuat dengan kemitraan yang terbuka dan inklusif,” tuturnya.

Baca Juga: Jokowi Menyebut Orang yang Berambut Putih Adalah Pemimpin Rakyat

Melansir dari CNN Indonesia, pada Rabu, 15 Desember 2021, dia mengungkapkan bahwa Indonesia telah melakukan hal tersebut. Salah satunya dengan penyediaan kanal aduan Lapor.

Kanal itu telah melayani lebih dari 1 juta aduan dan aspirasi publik sejak 2015.

Selain itu, Jokowi juga membahas prinsip keterbukaan, akuntabilitas, transparansi, dan inklusivitas dalam tata kelola pemerintahan.

Dia menyebut prinsip-prinsip itu semakin esensial dalam memastikan pelayanan publik di masa pandemi ini.

Baca Juga: Relawan Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa Saat Jokowi Tiba di GBK

“Intinya kepercayaan publik adalah kuncinya. Trusted government sangat penting agar pemerintahan efektif,” ungkap Jokowi, dikutip dari CNN Indonesia.