Hadiri Job Fair Makassar, Maria Dorong Pemenuhan Penyandang Disabilitas

Penyandang Disabilitas
Wakil Ketua Komisi Daerah Disabilitas (KDD) Kota Makassar, Maria Un

Terkini.id, Makassar – Wakil Ketua Komisi Daerah Disabilitas (KDD) Kota Makassar, Maria Un, mengatakan kehadirannya pada pelaksanaan job fair yang ke-2 di Kota Makassar 2019 untuk mengobservasi proses pelaksanaan kegiatan.

Maria mengatakan dirinya hendak mendorong pelaksanaan job fair supaya bisa lebih inklusif.

“Inklusif bukan semata menyertakan penyandang disabilitas, tetapi bagaimana prosesnya. Persiapan apa yang harus dilakukan agar job fair ini juga terbuka untuk penyandang disabilitas,” kata dia saat ditemui di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar, Rabu, 21 Agustus 2019.

Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia itu mencontohkan bila pelamarnya tuna rungu dan pengguna kursi roda pada pelaksanaan job fair. Ia hendak memastikan bagaimana seharusnya pemerintah menyikapi persoalan disabilitas.

“Misalnya kondisi lantainya, apakah memudahkan pengguna kursi roda untuk berpindah dari satu but ke but lain,” ujarnya.

Menarik untuk Anda:

Selain itu, Maria menyebut soal penerimaan HRD terkait penyandang disabilitas. Pasalnya, menurut dia, masalah disabilitas bukan masalah mudah untuk dipahami semua orang.

“Namun melalui proses, itu juga merupakan edukasi bagaimana perusahaan memandang penyandang disabilitas dari sisi kemampuan mereka,” jelasnya.

Berdasarkan hasil observasi sepintas, ia mengatakan saat melihat lantainya dan bicara tempat yang akses maka sebisa mungkin menghindari karpet yang tebal.

“Karena menyulitkan seorang pengguna kursi roda untuk mendorong kursi rodanya dengan leluasa,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa bahasa isyarat pun harus disiapkan untuk mendampingi penyandang disabilitas tuna rungu ketika datang untuk mendaftar.

“Untuk kali ini kami menginisasi, tetapi ini menjadi dasar untuk mendorong pemerintah Kota Makassar untuk ke depan menyediakan kebutuhan-kebutuhan penyandang disabilitas,” paparnya.

Ia pun berharap pemerintah memberi akses yang memadai untuk penyandang disabilitas dalam mengakses pekerjaan formal.

“Dengan pelaksanaan job fair ini ada penyandang disabilitas yang melamar kemudian perusahaan memberikan kesempatan untuk diterima,” harapnya.

Maria mengatakan, saat ini masih sangat sedikit perusahaan yang menerima penyandang disabilitas. Untuk itu, Ia menyebut akan mendorong perusahaan untuk menerima penyandang disabilitas.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Update 11 Agustus, Segini Jumlah Kasus Covid-19 di Makassar

Alumni Smansa 94 Makassar Berduka Cita

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar