Makassar Terkini
Masuk

Harap Lahir Atlet Muda di Liga Askot PSSI Sulsel, Ahmad: Minimal Seperti Irfan Jaya

Terkini.id, Makassar – Ketua Askot PSSI Makassar Ahmad Susanto mengatakan seremoni pembukaan liga Askot PSSI Sulawesi Selatan diikuti 39 tim dari U-13 dan U-20. 

Adapun hadiah yang disiapkan yakni tropi, medali, sertifikat, dan uang tunai minimal 40 juta. Liga tersebut bakal berlangsung hingga 3 bulan ke depan. 

“Selama ini Makassar tidak pernah punya liga, makanya kita bikin dengan jumlah pertandingan banyak,” kata Ahmad, Rabu, 22 Desember 2021.

Dengan banyaknya pertandingan, Ahmad berharap jiwa kompetisi pada anak muda tumbuh dan pembinaan yang dilakukan selama ini bisa kelihatan hasilnya.

“Potensi dan bakat anak didik kita bisa muncul lewat liga ini. Bisa mengeksplorasi kemampuan pemain-pemain kita.

Dengan selesainya event ini, Ahmad berharap ada jenjang yang lebih tinggi, khususnya untuk menguatkan tim Pekan Olahraga Daerah (Porda).

Ahmad menilai pembinaan sepak bola menjadi mandek selama pandemi Covid-19. Sebab itu, ia mengatakan kegiatan ini sebagai simbol kebangkitan.

“Kesiapan kita melahirkan atlet-atlet muda, minimal seperti Irfan Jaya yang memperkuat timnas, atau Asnawi. Kita berharap bisa melahirkan seperti itu,” tuturnya.

Terpisah, Ketua panitia, Acil mengatakan kompetisi Liga Askot ini dapat menjadi harapan untuk kemajuan sepak bola di Kota Makassar.

“Kita mencari bibit-bibit pemain terbaik, karena selama ini selalu terjadi tiba masa tiba akal, ketika ada kompetisi kita comot begitu aja, padahal ada pemain yang punya bakat, namun terhentikan karena tak terlihat oleh pelatih,” kata Acil.

Menurut Acil, sejak 2019 lalu aktivitas generasi muda menurun drastis akibat pandemi. Sehingga sudah saatnya bangkit dengan penuh semangat.

“Kompetisi Liga Askot yang digelar PSSI Makassar ini juga akan menjadi sejarah pertama dalam sepak bola di Makassar,” ungkapnya.

Acil menekankan kepada seluruh tim yang akan berlaga di Liga Askot PSSI Makassar ini agar tetap mengedepankan sportifitas dan menjunjung aturan PSSI selama pertandingan.

Adapun 20 tim telah menentukan grupnya melalui drawing atau pengundian sebagai berikut.

Grup A U-20

– Phinisi FC

– Boneta FC

– Toraja United FC

– Pesis Makassar

– SSB Hasanuddin FC

– Bank Sulselbar Syariah FC

– SSB Family Soccer 88

– Nurse FC

– KK Team FC

– Ubhor Manggala FC

 

Grup B U-20

– SSB Bintang 45

– PS Rajawali Muda

– Sport Science FC

– SSB Bangau Putra

– SSB Swadiri Makassar 

– SSB Telkom Makassar

– SSB Maesa

– SSB Tunas Tala 50

– SOTV Elemetary FC

– Libra

 

Grup A U-13

– SSB Anging Mammiri

– Persis Makassar

– PS Rajawali Muda

– SSB Swadiri Makassar

– SSB Bangau Putra

– Bank Sulselbar Syariah FC

– F.S.31 FC Makassar

– P.S.A.L Makassar Fc

– Hasanuddin FC

– Bintang Muda Manggala

 

Grup B U-13

– SSB Maesa

– SSB Telkom Makassar

– Taruna Perkasa

– Bintang 45 Makassar

– Garuda Harapan

– SSB Family Soccer 88

– Streets Football Scholl

– SSB J.I.B

– SSB Tunas Tala 50