Harga Gula di Makassar Melambung Jadi Rp14 Ribu per Kilogram

Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar A Muh Yasir

Terkini.id, Makassar – Harga gula pasir di tingkat pengecer Kota Makassar beberapa pekan terakhir melambung hingga Rp12.500 kilogram. Sementara harga gula di pasar tradisional telah mencapai Rp14.000-14.500.

“Bila tidak dikendalikan dengan cepat ini bisa mengakibatkan inflasi,” kata Dinas Perdagangan Kota Makassar A Muh Yasir, Senin, 10 Februari 2020.

Menyikapi kelangkaan tersebut, Yasir mengatakan pihaknya bersama provinsi, dan distributor gula telah melakukan rapat bersama dan membahas pokok soalnya.

“Masalahnya adalah dari pabriknya ini memang berkurang. Tapi berdasarkan rapat kordinasi tadi memang dari PTPN itu memberikan sekitar 6000 ton kepada salah satu distributor,” kata dia.

Agar hal tersebut tak berulang, Yasir mengaku telah mengusulkan agar gula pasir diarahkan ke Pasar Tradisional.

Menarik untuk Anda:

“Kita memiliki 10 pasar tradisional,” ungkapnya.

Selain itu, Yasir menyebut pihaknya bakal berkoordinasi dengan PD Pasar untuk menangani masalah kelangkaan gula pasir.

Dari 10 pasar tradisional yang ada, Yasir mengatakan bakal menyuplai 250 kilogram per pasar. Namun, dia mengatakan bakal mengidentifikasi kebutuhan setiap pasar.

“Setiap pasar kan beda-beda. Kita punya 10 pasar, dia berikan 250 kg per pasar berarti 2500 kg. berarti 2,5 ton,” ungkapnya.

“Tapi saya lihat paling tidak dari 2,5 ton itu kita arahkan ke 5 pasar besar. Itu adalah jangka pendek. Para distributor sementara dalam proses pengiriman dari Lampung dan Malang datang ke sini,” kata dia kemudian.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tes Usap Massal di Kecamatan Makassar, Naisyah: Tidak Capai Target

Aktivis Perempuan Nilai Fatmawati Rusdi Figur Jempolan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar