Hari Amal Bakti ke-75 Kementerian Agama, Wali Kota Palopo Bawakan Sambutan Menag

Terkini.id, Palopo – Kementerian Agama Kota Palopo menggelar upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2021 yang dilaksanakan di Aula Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Palopo, Selasa 5 Januari 2021.

Sambutan seragam Menteri Agama RI yang dibacakan oleh Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH selaku inspektur upacara menyampaikan di usia 75 tahun Kementerian Agama mari kita memaknai segala prestasi yang telah dicapai. 

Selain itu, insan Kementerian Agama juga menempatkan momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi dimasa mendatang. 

Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun” hal ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. 

Mungkin Anda menyukai ini:

Pengembangan toleransi dan kerukunan antarumat beragama merupakan karya bersama para tokoh agama, para Menteri agama dan Aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa. 

Baca Juga: Sekda Palopo Hadiri Peringatan HUT ke-102 Damkar dan Penyelamatan Nasional

Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan, toleransi dan kerukunan antarumat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama. 

Pengalaman membuktikan toleransi dan kerukunan tidak tercipta hanya dari satu pihak sedangkan pihak yang lain berpegang pada hak-haknya sendiri, kita mengembangkan moderasi beragama agar toleransi dan kerukunan yang sudah ada lebih mengakar di dalam kehidupan sehari-hari. 

Semangat Kementerian Agama baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kunci pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk didalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan serta pelayanan keagamaan. 

Baca Juga: PGIW Sulselbara Pilih Palopo Lokasi Sidang Wilayah, Wali Kota Sampaikan...

Kedua, penguatan moderasi beragama seperti penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi dan nilai-nilai kebangsaan. Ketiga, persaudaraan yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan se tanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan. 

Dilanjutkan dengan Penerimaan penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya dilingkungan kantor Kementerian Agama Kota Palopo. 

Bagikan