Hari Dokter Nasional: Berbakti untuk Negeri Mengabdi untuk Rakyat
Komentar

Hari Dokter Nasional: Berbakti untuk Negeri Mengabdi untuk Rakyat

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Hari Dokter Nasional jatuh pada tanggal 24 Oktober 2022, tepatnya hari ini, Senin, 24 Oktober 2022. Tahun ini adalah peringatan yang ke-72 dan mengusung tema ‘Berbakti untuk Negeri Mengabdi untuk Rakyat’.

Dilansir dari Suara.com jaringan Terkini.id, Diketahui, Hari Dokter Nasional telah ditetapkan pada tanggal 24 Oktober karena bertepatan dengan pendirian organisasi kedokteran yakni Ikatan Dokter Indonesia atau IDI yang saat itu didirikan pada tanggal 24 Oktober 1950 yang beranggotakan dokter di seluruh negeri yang asli Indonesia.

Pada tanggal 22 Oktober 1994, Ketua IDI Jakarta Pusat, Agus Purwadianto menilai dokter telah mencetak prestasi dalam kurun waktu penjajahan, kemerdekaan dan di era pembangunan.

Apalagi di zaman pandemi Covid-19 tengah marak, dokter dari berbagai belahan negara yang terdampak, termasuk Indonesia menjadi garda terdepan penyelamat dan pahlawan masyarakat demi menciptakan lingkungan yang sehat dan meminimalisir timbulnya banyak korban.

Dari tema yang diangkat tahun ini ‘Berbakti untuk Negeri Mengabdi untuk Rakyat’ nyatanya memiliki makna khusus. Berbakti untuk negeri artinya IDI terus berkarya dari masa ke masa demi mencapai pembangunan kesehatan Indonesia. 

DPRD Kota Makassar 2023

Sementara mengabdi untuk rakyat maksudnya adalah pembangunan kesehatan harus mampu menjawab persoalan kesehatan masyarakat yang tentunya berbeda di setiap wilayah Indonesia. 

Peringatan Hari Dokter Nasional tak hanya mengingatkan akan bagaimana jasa dokter dalam mendukung persoalan kesehatan. Ini juga merupakan sebuah bukti bahwa dokter adalah sebuah profesi yang mulia seperti Guru yang disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Presiden Joko Widodo tak lupa mengucapkan selamat hari dokter nasional. Lewat unggahannya di akun media sosial Twitternya @jokowi pada hari Senin, 24 Oktober 2022.

“Terima kasih para dokter dan segenap tenaga kesehatan untuk pengabdian tanpa pamrih, juga keteguhan untuk berada di garis depan menghadapi pandemi,” tulis Presiden Jokowi. 

“Dedikasi para dokter dan tenaga kesehatan yang sepenuh hati telah menyelamatkan rakyat dan negeri ini.” sambungnya.