Masuk

Hasil Liga 1 Indonesia: Imbang dengan Persis Solo, PSM Makassar Tertahan di Peringkat Dua Klasemen Sementara

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia, Liga 1 kembali bergulir hari ini, 29 September 2022. Tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan, PSM Makassar bermain di Stadion Manahan, kandang dari Persis Solo.

kembali tampil setelah jeda internasional, PSM tidak diperkuat Yakob Sayuri. Selain saudara dari Yance Sayuri tersebut, Wiljan Pluim juga masih tidak bisa memperkuat Juku Eja karena masih disanksi oleh liga. Di sisi tuan rumah, Muhammad Riyandi juga tidak tampil karena baru saja tampil membela Timnas.

Mengandalkan permainan dari kaki ke kaki, PSM Makassar mampu tampil menekan pertahanan Laskar Sambernyawa. Alih-alih mendapat gol duluan, PSM malah kecolongan pada menit ke-23.

Baca Juga: Gelar Aksi Donor Darah, Komunitas Suporter Bola Sumbangkan 136 Kantong di Makassar

Gelandang Persis Solo, Alexis Messidoro melepaskan umpan panjang dari area tengah lapangan ke sisi pertahanan PSM Makassar ke arah Irfan Jauhari.

Irfan yang tidak terjaga pun segera melepas tendangan ke sisi kiri gawang Juku Eja yang dikawal oleh Muhammad Reza Pratama, 1-0 untuk Persis Solo.

PSM yang kecolongan pun tidak tinggal diam, pasukan Bernardo Tavares berupaya keras untuk membalas skor. Setelah beberapa kali percobaan, Juku Eja akhirnya berhasil menceploskan bola masuk ke gawang Persis Solo.

Baca Juga: Suporter PSM: Makassar Butuh Stadion Baru, Tidak Harus di Mattoanging

Gol PSM bermula dari skema bola mati. Umpan panjang yang dilepaskan ke area kotak penalti Persis menciptakan kemelut di depan gawang tuan rumah. Everton yang melihat celah melepas umpan dengan sundulannya.

Mendapat umpan dari Everton Nascimento, Kenzo Nambu berhasil mengkonversinya menjadi gol dan menyamakan kedudukan pada menit ke-44.

Memasuki babak kedua, Persis Solo mencoba meningkatkan intensitas permainan dan tampil lebih menekan. Hasilnya bisa terlihat dari statistik di mana tim yang dilatih oleh Eko Purjianto tersebut mampu menguasai bola lebih dominan ketimbang sang tamu.

Sayangnya, sejumlah upaya yang dilakukan oleh Persis Solo pun tidak kunjung menemui sasaran, hal yang sama juga berlaku untuk PSM yang tidak kunjung mendapatkan gol untuk membalikkan keadaan.

Baca Juga: Erick Thohir dan Najwa Shihab Diunggulkan jadi Ketua Umum PSSI, Maruarar Sirait Buka Suara

Alih-alih mendapat gol, Persis malah mendapat kartu merah. Berawal dari insiden yang terjadi di kotak penalti PSM, Jaimerson yang bersitegang dengan Yuran Fernandes mendapatkan kartu merah langsung dari sang pengadil lapangan pada menit 87.

Meski bermain dengan 10 pemain, Persis Solo tetap berhasil mempertahankan skor imbang hingga menit akhir pertandingan. Alhasil, kedua tim harus puas dengan skor sama kuat.

Hasil imbang ini membuat PSM Makassar kini mengoleksi total 22 poin, hasil dari 10 pertandingan tanpa pernah sekalipun menelan kekalahan. Tim yang bermarkas di Stadion Gelora BJ Habibie tersebut berjarak 1 angka dari Madura United yang koleksi lebih banyak kemenangan dari tim asuhan Bernardo Tavares.