Hati-hati, Ini 4 Bahaya Fatal Jika Anda Terlalu Sering Foto Selfie

Selfie
Ilustrasi foto selfie. (Foto: seuramoeaceh)

Terkini.id – Memotret diri sendiri alias selfie saat ini menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh pengguna smartphone dalam banyak situasi. Tujuannya tentu untuk makin eksis di media sosial.

Namun ada fakta berbahaya yang patut Anda ketahui di balik serunya berfoto selfie atau swafoto. Ya, terlalu sering terpapar radiasi cahaya dan elektromagnetik dari ponsel pintar memiliki pengaruh langsung terhadap kulit.

Selain bahaya radiasi cahaya bagi kulit Anda, masih ada bahaya lainnya yang mengintai para pecandu selfie. Apa saja bahaya tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, simak deretannya berikut ini.

1. Wajah jadi lebih cepat tua dan keriput

Selfie
(Foto: okezone)

Efek buruk terlalu sering selfie antara lain mempercepat penuaan dini dan keriput pada wajah. Bahkan, radiasi tertentu dari smartphone dapat mengakibatkan iritasi kulit.

Para dermatolog sepakat bahwa ponsel pintar dapat merusak kulit wajah dan menghimbau para pengguna ponsel pintar agar berhati-hati dengan hobi selfie-nya. Kebanyakan pengguna ponsel belum menyadari hal ini.

Dr. Simon Zoakei, Direktur Medis Linia Skin Clinic di Harley Street, mengatakan bahwa orang yang sering mengambil foto selfie harus waspada, karena cahaya biru yang dihasilkan dari layar ponsel pintar dapat merusak wajah.

Smartphone, kata Dr. Simon Zoakei, memiliki panjang gelombang radiasi yang berbeda di mana tabir surya tak mampu menangkalnya, sehingga kulit yang terpapar radiasi tersebut lama-lama akan rusak.

2. Gangguan mental

Selfie
(Foto: piah)

Saat seseorang mau memposting foto selfie ke media sosial, kebanyakan dari mereka pasti ingin foto tersebut menampilkan dirinya yang cantik atau sempurna.

Nah, kebiasaan inilah yang membuat seseorang jadi terobsesi untuk selalu bisa tampil perfect setiap kali mengunggah foto selfie-nya.

Jika terus dilakukan, hal ini akan membuat seseorang mengidap gangguan dismorfik, yaitu jenis penyakit gangguan mental kronis di mana penderita tidak bisa berhenti memikirkan penampilannya dari ketidaksempurnaan.

3. Berpotensi bunuh diri

Selfie
(Foto: hitekno)

Psikolog Dr David Veal dari London melaporkan bahwa selfie memang bisa menjadi kecanduan terutama pada orang-orang yang sudah memiliki penyakit psikologis tertentu.

Tren yang kini sedang berkembang itu, lanjut dia, bisa menjadi masalah serius dan menimbulkan dampak yang fatal, bahkan bisa mengakibatkan kecenderungan untuk bunuh diri.

“Ini bukan masalah kesombongan. Ini adalah salah satu kesehatan mental yang memiliki tingkat bunuh diri yang sangat tinggi,” kata Veal seperti dilansir dari Mirror.

4. Depresi dan stres

Selfie
(Foto: fimela)

Saat seseorang meng-upload foto selfie-nya ke media sosial, pasti harapannya adalah banyak orang yang berkomentar baik atau menyukai foto tersebut, sehingga mereka mendapat banyak perhatian dari netizen.

Namun, ketika keinginan tersebut tidak terjadi, hal ini bisa memicu mereka jadi stres, bahkan depresi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini