Masuk

Heboh, Anak Seorang Presiden Cetak Gol di Piala Dunia 2022 Qatar

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Heboh anak dari seorang Presiden mencetak gol di ajang Turnemen sepak bola bergengsi Piala Dunia 2022 di Qatar. Ia adalah Striker tim nasional sepak bola Amerika Serikat, Timothy Weah.

Timothy Weah mencetak satu-satunya gol buat Timnas Amerika Serikat saat berjumpa dengan Timnas Wales di grup B Piala Dunia 2022 di Qatar pada hari Selasa, 22 November 2022 dini hari.

Walau hasil akhir pertandingan berkududukan imbang 1-1, tapi gol dari Timothy ini mampu membuat Timnas Amerika Serikat meraih poin.

Baca Juga: Tumbangkan Swiss 6-1, Portugal Siap Tantang Maroko di Perempat Final Piala Dunia 2022

Sosok dari striker Timnas AS ini disorot bukan hanya lantaran ia mencetak gol semata wayang dari Timnas AS tapi lantaran Timothy Weah adalah putra ketiga dari legenda sepak bola dunia asal Liberia yang pernah bermain di Liga Italia memperkuat klub AC Milan dan pernah menjadi pemain Terbaik Dunia pada tahun 1995 silam yakni George Weah.

Timothy juga bahkan berstatus sebagai anak dari seorang Presiden setelah ayahnya George Weah memenangkan pemilihan Presiden pada tahun 2017 silam dan disumpah pada Januari tahun 2018 sebagai Presiden Liberia.

Timothy Weah disebut-sebut lebih hebat dari Ayahnya George Weah karena alasannya sang Ayah yang namanya lebih mentereng di dunia justru tidak pernah bermain di Piala Dunia.

Baca Juga: Hasil Portugal Vs Swiss: Goncalo Ramos Jadi Pencetak Hattrick Pertama di Piala Dunia 2022!

Sedangkan Timothy Weah yang lahir 2 Februari 2000 dan di umur yang relatif muda malah mencetak gol dan bermain di ajang paling bergengsi bagi pesepak bola dunia tersebut. Capaian yang tidak diraih sang ayah selama berkarir di sepak bola yang tak sekali pun mencicipi atmosfer Piala Dunia walau George Weah pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik di Dunia.

Meski orang tuanya berasal dari negara Liberia, Timothy Weah justru lebih punya hubungan erat dengan Amerika Serikat disebabkan ia lahir di New York, Amerika Serikat dan besar di negeri Paman Sam tersebut.

Tidak heran kalau Timothy Weah lebih memilih membela tim nasional Amerika Serikat dibandingkan negara asal orang tuanya yakni Liberia.

Kiprahnya di Amerika Serikat saat ia pertama kali bermain sepak bola di Rosedale SC, sebuah klub kecil di Queens, New York, sebelum memperkuat BW Gottschee dan New York Red Bulls hingga 2014.

Baca Juga: Hasil Maroko vs Spanyol Piala Dunia 2022: Maroko Berhasil Pulangkan Spanyol Setelah Drama Adu Penalti

Bahkan sebelumnya, Timothy Weah pernah tampil di Piala Dunia U-17 memperkuat Timnas Amerika Serikat. Dalam piala dunia level junior itu, Timothy Weah selalu diturunkan sampai Timnas AS melaju hingga ke babak perempat final.

Meski ia gagal membawa Timnas AS juara di Piala Dunia U-17, kiprah Timothy Weah mencuri perhatian pada saat itu setelah ia mencetak tiga gol ke gawang Timnas Paraguay pada babak 16 besar. Namanya pun disanding-sandingkan dengan sang ayah George Weah. 

Timothy Weah kini bermain di Liga Prancis bersama Klub Lille FC hingga kontraknya pada tahun 2024 mendatang, yang mana sebelumnya ia sempat bermain di tim kuat Paris Saint Germain (PSG). Kini Timothy Weah menjadi andalan utama Timnas Amerika Serikat asuhan Gregg Berhalter di Piala Dunia Qatar tahun 2022 ini.