Makassar Terkini
Masuk

Hukum Memberikan Tip, Buya Yahya: Kita Tidak Dianggap Menyogok

Terkini.id, Jakarta – Berawal dari video channel Al-Bahjah TV pada 10 Agustus 2022 dimana Buya Yahya mendapat pertanyaan dari seorang wanita.

Berawal dari ibu ini yang ingin mengurus sesuatu di kantor dan jangka pengurusannya lama. Karena berpikir akan lama sekali ibu ini akhirnya minta diurus jalur temannya yang dia kenal di kantor tersebut dan setelah selesai ibu ini memberikan tip karena sudah membantunya. 

Setelah bercerita ibu ini bertanya kepada Buya Yahya apakah ada hukum dalam memberikan uang tip kepada seseorang.

Buya Yahya menjawab bahwa dilihat lagi apa yang ingin dipercepat dan jika hal itu mengganggu jalannya orang lain juga melanggar prosedur maka itu haram.

“Jika mempercepat biasa kita anggap saja begini, kalau kita punya barang yang mau kita kirim ke kota dan transportasi kita lambat tapi ada orang yang lebih cepat membawanya itu gaada yang dirugikan. Kita titipkan ke yang lebih cepat itu sah-sah saja. lalu mengganggu orang lain dan mengambil hak orang lain itu tidak diperkenankan.

Lalu ibu itu bertanya, “Bagaimana dengan pembuatan paspor, SIM atau hal-hal seperti itu bagaimana Buya?”

Buya Yahya menjelaskan bahwa jika kita mengambil hak kita namun dihalangi atau dipersulit oleh pihak disana maka kita tidak dianggap bedosa namun pihak yang menghalangi yang berdosa.

“Kita tidak berhak dan belum waktunya kita salah sebagai penyogok tapi jika kita ingin mengambil hak kita namun orang yang disana mengganggu dan tidak memudahkan dan mereka minta maka ketika kita menggambil hak, kita tidak dianggap menyogok tapi jika dia menghalangi sampai kita memberi duit dan dia yang minta dia yang salah.”