HUT RI, RSU Yapika Gelar Lomba untuk Warga Samata

HUT RI, RSU Yapika Gelar Lomba untuk Warga Samata

Terkini.id, Gowa– Pandemi covid-19 sampai saat ini masih menjadi ancaman bagi masyarakat, walaupun terdapat penurunan angka kejadian, namun masih banyak masyarakat yang awam tentang virus ini sehingga protokol kesehatan tidak diterapkan sebagaimana mestinya.

Terkhusus 17 Agustus yang merupakan peringatan hari kemerdekaan Indonesia, di mana biasanya dilaksanakan semarak-semarak keramaian sebagai suatu bentuk perayaan tersendiri bagi setiap masyarakat.

Namun, karena pandemi covid-19 membuat beberapa masyarakat, instansi dan organisasi lebih tidak melaksanakan kegiatan-kegiatan yang semestinya dilaksanakan.

Kali ini, Rumah Sakit Umum (RSU) Yapika yang juga merupakan instansi kesehatan tetap mengambil bagian pada perayaan 75 tahun kemerdekaan indonesia.

Mengangkat tema semarak 75 tahun New Normal, RSU Yapika melaksanakan berbagai kegiatan peringatan indonesia merdeka.

Menarik untuk Anda:

Masyarakat Kelurahan Samata pada khususnya sangat antusias mengikuti kegiatan ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa turut meramaikannya.

Bertempat di pelataran RSU Yapika, Jalan Abd. Kadir Dg Suro, No.140 Gowa, DR. Dr. H Rasyidin Abdullah, MPH, MH. Kes selaku Direktur RSU Yapika membuka secara resmi kegiatan ini pada Senin, 17 Agustus 2020.

Dalam pidatonya, Direktur RSU Yapika menyampaikan bahwa area Samata adalah salah satu tanggung jawab RSU Yapika dalam bidang kesehatan.

“Warga sekitar RSU Yapika adalah tanggung jawab tersendiri bagi kami, sehingga wajib dipahamkan tentang hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan, terkhusus di era pandemi kali ini,” ucapnya.

“Semarak 17 tahun adalah momentum yang sangat cocok dalam hal promosi kesehatan, dimana dalam jiwa warga tertanam semangat juang 45 sehingga kami pihak rumah sakit melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengajak perilaku hidup bersih dan sehat,” sambungnya.

Turut hadir Owner RSU Yapika, Dr Ir Tahir Burhan, juga berpendapat bahwa kemerdekaan bukan berarti kita bebas.

“Kemerdekaan bukan berarti kita bebas melaksanakan apa saja, apa lagi pandemi kali ini, namun kita tetap mengikuti kiat-kiat yang bisa meningkatkan kedisiplinan kita, baik itu di rumah maupun di kantor, seperti pakai masker, cuci tangan dan mengikuti protokol kesehatan lainnya, sehingga nantinya kita bisa terbebas dari virus covid 19 ini,” tuturnya.

“Dalam pandemi ini kami pihak Yayasan RSU Yapika sendiri tetap memerdekankan karyawan, dimana biasanya di pandemi ini instansi kesehatan lain mungkin ada yang merumahkan karyawannya, namun kami tetap mempertahakannya, mengingat jasa mereka sangat dibutuhkan di era sekarang ini sesuai dengan pengertian kemerdekaan yang saya jelaskan sebelumnya,” tambahnya.

Kegiatan ini berlangsung hingga tiga hari ke depan, berupa senam kebugaran, pemeriksaan kesehatan, edukasi cuci tangan dan pakai masker, edukasi seputar covid-19, serta beberapa berlombaan selingan yakni tangkap tepung berjarak, lari karung dan senam cuci tangan.

Anas Akhmad selaku Ketua Panitia juga mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan tetap kita terapkan, seperti memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, etika batuk dan hal lainnya yang berhubungan dengan covid-19,” ungkapnya.

Anas juga menambahkan bahwa covid ini tidak menurunkan semangat kita dalam peringatan kemerdekaan Indonesia.

“Mungkin virus ini sangat mencekam bagi warga, namun itu tidak menurunkan semangat 45 kita dalam melawannya. Covid-19 bukan ancaman kita dalam memeriahkan semarak 75 tahun kemerdekaan Indonesia,” tutup Anas.

Selain perlombaan, RSU Yapika juga memberikan promo rapid test, bagi warga yang berminat bisa langsung ke RSU Yapika.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Lewat Aklamasi, Fauzi Ahmad Abdillah Terpilih Sebagai Ketua IKAPSH Gowa

Momentum HUT Sulsel ke- 351, Pj Sekda Gowa Harap Pembangunan Terus Berjalan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar