Ibu-ibu Korban Kanjuruhan Mau Ketemu Jokowi Malah Dihalangi Aparat: Anak Saya Mati Pak !
Komentar

Ibu-ibu Korban Kanjuruhan Mau Ketemu Jokowi Malah Dihalangi Aparat: Anak Saya Mati Pak !

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Kunjungan Presiden Jokowi ke Malang Jawa Tengah, bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, jadi kesempatan bagi para keluarga korban Kanjuruhan untuk menagih janji pemerintah.

Seperti diketahui, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Pasar Bululawang Kabupaten Malang pada Senin 24 Juli 2023 bersama Erick Thohir dan Menhan Prabowo Subianto.

Sayangnya, mereka yang datang dengan membawa foto-foto anak mereka yang menjadi korban tragedi Kanjuruhan, malah dihalangi oleh aparat.

Dalam video yang beredar, terlihat mereka berdebat dengan beberapa aparat TNI – Polri.

“Ibu sabar dulu, mohon maaf bu…” ucap seorang aparat TNI.

DPRD Kota Makassar 2023

“Anak saya mati, anak saya nda orasi, saya diem anak saya buta,” ucap ibu-ibu keluarga korban kanjuruhan tersebut.

Mereka terlihat berusaha menemui Presiden Jokowi dan Menteri BUMN cum Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang berkunjung ke daerahnya.

Salah satu keluarga korban, Devi Athok, dikutip dari cnnindonesia, mengatakan, sejak pagi ia dan beberapa keluarga menunggu kedatangan presiden di jalan sekitar Pasar Bululawang.

Keluarga korban tersebut juga membawa foto anak mereka yang meninggal dalam tragedi 1 Oktober 2022 silam, serta spanduk tuntutan. Namun, kata Devi, mereka dihalang-halangi aparat yang berjaga.

“Kami menagih janji Pak Jokowi dan Pak Erick Thohir, tapi kami dikepung aparat,” kata Devi Athok.

Saat akan mencoba menagih janji ke Jokowi di Malang itu, Devi mengenakan kaus bergambar dua anaknya, NDR (16) dan NDB (13), yang tewas di Stadion Kanjuruhan saat lanjutan Liga 1 hampir setahun silam. Ia sempat akan mendekati mobil Jokowi yang melintas, namun segera dicegah aparat.

“Saya enggak boleh ketemu Presiden Jokowi dan dibentak-bentak, dibilang jangan macam-macam,” ucap dia lagi.

Hal tersebut tidak cuma terjadi pada Devi, tapi juga kepada keluarga korban Kanjuruhan lainnya. Rini Hanifah ibu dari mendiang korban Agus Riansyah, serta Juariah ibu dari almarhumah Sifwa Dinar.

Dalam video beredar, keduanya berusaha membentangkan foto anak mereka dan spanduk tuntutan saat Jokowi mengunjungi Pasar Bululawang. Namun keduanya dihalangi pihak aparat.

Setidaknya ada tiga tuntutan yang mereka sampaikan yakni penanganan kasus Tragedi Kanjuruhan hingga tuntas. Pengusutan Laporan model B di Polres Malang dan menolak renovasi Stadion Kanjuruhan.

“Hari ini 24 Juli 2023, keluarga korban tragedi Kanjuruhan melakukan penyambutan kedatangan Presiden Jokowi, dengan membentangkan foto anak-anak mereka yang menjadi korban dan beberapa poster.

Alih-alih didengar, mereka malah mendapat intimidasi dari abdi negara idaman mertua,” tulis akun @rafilsafat.

Jokowi Kunjungi Pasar

Dalam kunjungannya ke Malang, Jokowi meninjau pasar untuk melihat bahan Pokok di Kabupaten Malang. 

Sebagai informasi, Presiden dari partai PDI Perjuangan tersebut tiba di Pasar Bululawang sekitar pukul 09.30 dari Bandara Abdulrachman Saleh, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Selanjutnya menuju ke Pasar Bululawang untuk membagikan sembako ke pedagang pasar. Usai dari pasar, Jokowi akan bertolak menuju ke PT PINDAD, Kecamatan Turen untuk kunjugan kerja selanjutnya