Ikan Penyumbang Terbesar Inflasi Januari 2020

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar, Abdul Rahman Bando

Terkini.id, Makassar – Sejak Januari 2020, curah hujan tinggi disertai angin kencang menghambat nelayan untuk turun melaut.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar, Abdul Rahman Bando menyebut hal itu memicu kenaikan harga ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Ia mengatakan  terjadi penurunan produksi.

“Ikan menjadi faktor utama penyumbang inflasi di Sulawesi Selatan pada Januari 2020. Angka inflasi pada Januari 2020 sebesar 0,63 persen,” kata dia, Selasa, 4 Februari 2020.

Rahman menuturkan bahwa penurunan produksi tangkapan ikan mencapai 40 persen. Kondisi itu pada akhirnya membuat ikan tangkapan atau non budidaya menjadi salah satu komoditas yang menyumbang inflasi pada Januari 2020.

“Kita menghimbau nelayan untuk betul-betul memperhatikan keadaan cuaca baru memutuskan turun melaut,” ujar Rahman.

Menarik untuk Anda:

Rahman Bando menyatakan kendati mencari nafkah merupakan hal penting namun yang lebih utama adalah menjaga keselamatan nelayan.

“Akibatnya adalah suplai ikan, ada penurunan volume masuk di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), baik di Paotere maupun Rajawali,” ungkapnya

Untuk menganalisa penyebab naik turunnya angka inflasi, Rahman mengungkapkan, semua pihak seyogyanya bersikap bijak. Tak sekedar mengacu kepada komoditas pertanian, perikanan, maupun peternakan yang kerap dijadikan sebagai pemicu.

“Memang di ritme pasar harian harga akan selalu begitu untuk komoditas hasil bumi, atau barang komoditas,” ujarnya

“Saya mungkin 1 sampai 3 kali lihat perubahan harga, coba kalau kita ke Pasar Lelong, atau Paotere, harga ikan yang dijumpai misalnya 25 ribu, boleh jadi jam 11 jadi 33 ribu. Setelah siang bisa turun lagi. Sore hari mungkin dia naik lagi begitu juga sebaliknya” paparnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar tersebut menambahkan, sudah saatnya mengkaji ulang perihal penyebab inflasi.

“Rumus sederhana, terjadinya kenaikan harga disebabkan oleh menurunnya daya beli,” tutupnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tes Usap Massal di Kecamatan Makassar, Naisyah: Tidak Capai Target

Aktivis Perempuan Nilai Fatmawati Rusdi Figur Jempolan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar