Ikuti Pekan Pentas PAI Nasional, UINAM Buka Stand Ecobricks

UINAM
Ikuti Pekan Pentas PAI Nasional, UINAM Buka Stand Ecobricks

Terkini.id, Makassar – Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) membuka stand pada Expo Pendidikan dalam acara Pekan Keterampilan & Seni (Pentas) PAI Nasional di Asrama Haji Sudiang sejak tanggal 9 hingga 14 Oktober 2019.

UINAM membuka stand tersebut dengan melibatkan Komunitas Peduli Sampah. Terdapat beberapa buku, majalah dan produk-produk dari Prodi Farmasi yang dipamerkan, termasuk produk ecobricks.

Ecobricks adalah botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Ini adalah solusi mudah untuk penanganan limbah plastik yang sangat merusak lingkungan.

“Saya mempunyai gagasan yaitu ‘Gerakan Satu Orang Satu Tempat Sampah Berjalan’. Yang dimana ecobricks adalah solusinya, sebab mudah dan bisa dibawa kemana saja. Ini adalah salah satu bentuk upaya edukasi mengenai begitu pentingnya menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan, dan membiasakan perilaku bersih,” ungkap Taufiq Hidayat selaku pendiri komunitas tersebut, Minggu, 13 Oktober 2019.

Susunan puluhan ecobricks yang memadati meja stand membuat para pengunjung penasaran dan tertarik untuk mendekat.

Taufik yang diberi amanah mengelola stand tersebut mengaku bahwa ecobricks itu adalah hasil dari sampah plastik yang dikumpulkan.

“Beberapa pengunjung stand, terutama adik-adik siswa yang berasal dari berbagai daerah seperti Banten, Medan, Bali dan Jambi sangat antusias menyimak penjelasan mengenai ecobriks itu sendiri,” kata Taufik.

“Alhamdulillah tanggapannya mengenai ecobriks sangat bagus untuk diterapkan di sekolahnya nanti dan mereka telah sadar tentang sampah yang berdampak buruk ke depannya. Insya Allah dengan adanya ecobriks ini bisa menjadi salah satu solusi penanganan sampah di sekolah dan di lingkungan tempat mereka tinggal,” sambungnya.

Kegiatan expo yang berlangsung selama 5 hari ini dibuka sejak pukul 09.00 hingga 17.00 Wita. Terdapat 21 jenis stand yang dapat dikunjungi.

Citizen Reporter: Musfirah Rahman

Berita Terkait
Komentar
Terkini