Ini Alasan Mengapa Vaksinasi Tidak Langsung Membuat Orang Langsung Kebal

Terkini.id – Setelah banyak orang yang sudah lakukan vaksinasi COVID-19, ternyata tidak bisa membuat seseorang langsung kebal dalam seketika terhadap virus Corona.

Dilansir dari detik.com, seorang pakar penyakit menular dan kepala epidemiologi rumah sakit dari University of Florida Health mengatakan Bahwa orang rata-rata membutuhkan 10 sampai 14 hari untuk membangun sebuah antibodi pelindung.

Karena proses vaksinasi dilakukan dua kali, jadi tubuh butuh kurang lebih 28 hari setelah vaksin pertama guna meningkatkan jumlah sel imun agar bisa membentuk antibodi terhadap virus COVID-19.

Baca Juga: Saat Nataru, Pemkot Makassar Bakal Suntik Vaksin Covid-19 Pengendara di...

Perlu diketahui, saat ini pemerintah tengah mengusahakan percepatan vaksin bagi pegawai, lansia, komunitas seniman, hingga wartawan.

Namun, untuk mencapai taraf herd immunity pastinya memerlukan proses atau waktu yang panjang. Maka, bagi orang atau masyarakat yang belum divaksin, diharapkan bisa untuk tetap menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh agar tetap stabil.

Baca Juga: Bupati Maluku Tengah Ancam Tahan Gaji ASN dan Perangkat Desa,...

Adapun langkah yang bisa dilakukan agar bisa tetap produktif pada saat pandemi, yaitu mematuhi protokol kesehatan, mengonsumsi makanan yang bergizi dan juga vitamin, serta jangan lupa untuk olahraga secara teratur.

Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin D dan C, yaitu terdapat di ikan, udang, jeruk, anggur, telur, dan lain sebagainya.

Bagikan