Ini Imbauan Jokowi bagi Industri yang Punya Hobi Impor

Terkini.id, Jakarta – Ini imbauan Jokowi bagi industri yang punya hobi impor. Guna mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi negara, Presiden Joko Widodo alias Jokowi untuk mendorong industri importir agar masuk dalam sektor produksi. Hal ini sudah diatur dalam Undang Undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang mengamanatkan hilirisasi industri untuk meningkatkan nilai tambah, mengurangi impor, meningkatkan ekspor, dan membuka lapangan kerja.

“Yang selama ini menikmati keuntungan dengan mengimpor produk-prod,uk dari luar negeri juga harus berubah menjadi produsen masuk ke hilirisasi,” kata Jokowi, Selasa 13 Juli 2021.

Mantan Wali Kota Solo dan Wali Kota DKI Jakarta itu juga menyebut, seperti dilansir dari kontan.co.id, Selasa 13 Juli 2021, importir harus mengambil peran dalam penguatan industri dalam negeri. Ia menjelaskan, saat ini kinerja sektor industri pengolahan terus mengalami kenaikan.

Baca Juga: Tafsirkan Sikap Jokowi, FH: Erick, Kamu Saya Berhentikan, Biar BUMN...

Pada periode Januari-Mei 2021, industri pengolahan mencatatkan ekspor sebesar 66,7 miliar dolar AS. Angka tersebut melonjak sebesar 30,53 persen dibandingkan periode yang sama pada 2020 lalu.

“Industri pengolahan juga memberikan kontribusi paling tinggi, yaitu 79,42 persen dari total ekspor sebesar 83,99 miliar dolar AS pada periode Januari hingga Mei 2021,” papar Jokowi.

Baca Juga: Presiden Perintahkan Erick Tutup BUMN Sakit, DPR: Itu Bukan Solusi!

Ia mengimbau, perlu kerja keras guna mendorong Indonesia masuk dalam rantai pasok global. Potensi yang belum tergarap maksimal perlu dikelola dengan baik untuk mendorong ekonomi lebih baik pula.

Bagikan