Makassar Terkini
Masuk

Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Orang Bisa Menangis Saat Tertawa Terbahak-bahak

Terkini.id – Menangis biasanya terjadi saat kita berada dalam kondisi sedih, kecewa, atau bahkan marah. Namun, dalam banyak kasus, saat kita tertawa dengan terbahak-bahak, kita juga akan mengeluarkan air mata. Apa penyebab dari keluarnya air mata saat tertawa ini?

Menurut psikolog Robert Provine dari Univesitas Maryland, Baltimore, Amerika Serikat, tertawa dan menangis sama-sama terjadi saat tingkat emosi kita tinggi.

Robert Provine menyebutkan bahwa bagian otak yang mengendalikan tangis dan tawa kita ternyata di satu tempat sehingga hal ini bisa memungkinkan untuk terjadi secara bersamaan.

Menurut penelitian Robert, menangis dan tertawa juga diperintahkan oleh bagian otak yang sama, teman-teman. Bahkan sebuah penelitian menemukkan bahwa ada lesi (semacam luka) di daerah tertentu di otak kita, yang dikaitkan dengan sindrom PLC.

Sindrom PLC terjadi pada seseorang yang tidak bisa mengendalikan tawa dan tangisannya. Temuan tersebut sejalan dengan fakta bahwa tertawa dan menangis diperintahkan oleh bagian yang sama.

Pendapat lain

Ilustrasi tertawa

Pendapat lain mengatakan kalau saat tertawa terbahak-bahak, tubuh kita bergetar. Sehingga menyebabkan tekanan di bagian saluran air mata.

Tekanan inilah yang akan membuat air mata ikut keluar dan membuat kita menangis meskipun kita sedang dalam kondisi masih tertawa dan bahagia.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa air mata yang keluar saat tertawa ini disebabkan oleh refleks akibat dari faktor eksternal, bukannya air mata karena emosi. Kondisi air mata yang keluar saat tertawa ini mirip dengan saat mata kemasukan debu.

Menurut profesor William Frey di Universitas Minnesota, air mata ini berbeda dengan air mata yang timbul karena emosi. Bedanya terletak pada kandungan kimiawi di dalamnya.

Air mata yang keluar saat menangis karena emosi mengandung hormon leudine enkephalin yang menghilangkan rasa sakit. Hal yang berbeda terjadi pada air mata refleks yang keluar saat kita tertawa yang tidak memiliki manfaat ini.