Masuk

Inilah Jenis Jenis Makanan yang Ampuh untuk Meredakan Stres

Komentar

Terkini.id, Makassar– Ada  banyak cara untuk mengelola dan bahkan meredakan stres, salah satunya adalah melalui makanan.  Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan apa yang kamu makan saat merasa lelah.

 Bahkan Journal of Nutrition & Food Sciences juga mencatat bahwa stres juga menyebabkan peningkatan kebutuhan tubuh akan nutrisi tertentu. Mulai dari vitamin C, vitamin B, selenium, dan magnesium di kutip dari halodoc.com

Jumlah dan kualitas nutrisi yang kamu konsumsi dari waktu ke waktu juga memengaruhi sirkuit saraf tubuh yang mengontrol emosi, motivasi, dan suasana hati. 

Baca Juga: Stress Menjadi Pemicu Berat Badan Naik, Ternyata ini Penyebabnya

Penelitian yang diterbitkan di Journal of Behavioral Medicine juga telah menunjukkan bahwa mikrobiota usus, yakni mikroorganisme di usus yang terdiri dari bakteri baik dan jahat bertugas sebagai penghubung penting untuk hubungan antara apa yang  kamu konsumsi dan bagaimana kondisi mental seseorang. 

Para ahli yakin bahwa pola makan yang seimbang dan bergizi kemungkinan merupakan satu-satunya langkah paling penting untuk mencapai kesehatan yang baik. Jadi, jika suatu hari kamu merasa sedang berada di bawah tekanan, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang wajib dikonsumsi sebagai makanan yang mampu meredakan stres

1. Bubuk Matcha

Mampu meredakan stress berkat senyawa L-theanine. Makanan yang telah terbukti mampu meredakan stres pertama adalah bubuk teh hijau atau bubuk matcha. Matcha yang biasanya diseduh dengan air hangat dan disajikan layaknya teh ini adalah makanan yang belakangan semakin populer berkat kandungan L-theanine, yakni asam amino non-protein dengan sifat penghilang stres yang kuat.

Baca Juga: Waspada, Inilah Makanan Sejuta Umat Pemicu Penyakit Beresiko!

Matcha adalah sumber asam amino yang lebih baik daripada jenis teh hijau lainnya, karena terbuat dari daun teh hijau yang ditanam di tempat teduh. Proses ini kemudian mampu meningkatkan kandungan senyawa tertentu, termasuk L-theanine. Penelitian pada manusia dan hewan telah menunjukkan bahwa matcha dapat mengurangi stres jika kandungan L-theanine-nya cukup tinggi dan kafeinnya rendah. 

2. Ubi jalar

Makan untuk meredakan stres selanjutnya adalah makanan yang sangat mudah ditemukan dan harganya juga relatif terjangkau, yakni ubi jalar. Ia adalah sumber karbohidrat kaya nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Meskipun kadar kortisol diatur dengan ketat, stres kronis dapat menyebabkan disfungsi kortisol, yang dapat menyebabkan peradangan, nyeri, dan efek samping lainnya. Ubi jalar juga merupakan makanan utuh sumber karbohidrat yang sangat baik. Ia juga dikemas dengan nutrisi yang penting untuk meredakan stres seperti vitamin C dan potasium.

3. Kimchi

Kimchi adalah makanan sehat yang mampu meredakan stres karena ia dikemas dengan bakteri menguntungkan yang disebut probiotik. ia juga tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan. Penelitian telah mengungkapkan bahwa makanan fermentasi dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. 

Baca Juga: Kakek Penarik Becak Gemetaran Saat Dapat Makanan

Banyak penelitian lain menunjukkan bahwa suplemen probiotik dan makanan kaya probiotik seperti kimchi memiliki efek menguntungkan pada kesehatan mental. Ini kemungkinan karena interaksinya dengan bakteri usus, yang secara langsung memengaruhi suasana hati.

4. Coklat Hitam

Cokelat hitam dalam makanan dapat mengurangi stres dengan dua cara, yakni melalui dampak kimianya dan dampak emosionalnya. Cokelat adalah makanan yang lezat dan saat memakannya kamu pasti akan merasakan seakan stres kamu terangkat. 

Selain itu, cokelat hitam juga kaya akan antioksidan, yang juga dapat membantu mengurangi stres dengan menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Namun, pastikan untuk menikmati cokelat hitam secukupnya dan hindari cokelat hitam yang mengandung gula tambahan atau bahan kimia lain. 

Penulis: Pranov Ramadhan